Global-News.co.id
Indeks Nasional Pendidikan

Meresahkan, Kominfo Minta Game ‘Pukul Guru Anda’ Diblokir

GN/Istimewa
Potongan game kontroversial “Pukul Guru Anda” yang diminta untuk segera diblokir karena meresahkan masyarakat.

JAKARTA (global-news.co.id)–Di tengah berita duka penganiayaan seorang murid SMAN 1 Torjun Sampang Madura terhadap gurunya hingga meninggal, beredar game tak pantas bertajuk “Pukul Guru Anda”. Game yang meresahkan tersebut diminta Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) kepada penyedia layanan untuk menghapus.

Kominfo sudah memberikan tenggat waktu selama 2×24 jam terhitung sejak Jumat (2/2) pukul 15.30 kepada penyedia game kontroversial tersebut untuk segera melakukan take down atau mengapus game tersebut atau menghadapi pemblokiran.

Pantauan Global News hingga Sabtu (3/2/2018), game tersebut masih bisa diakses. Perlu diketahui, game tersebut menampilkan penampilan yang benar-benar mengajarkan tindak kekerasan murid terhadap guru. Dalam game ini, pemain atau gamer berperan sebagai siswa yang harus memukul gurunya. Tak ada alat khusus yang disediakan dalam game ini. Namun semua barang yang tersedia dalam settingan game itu bisa digunakan gamer untuk melakukan aksinya. Mulai dari kursi, gunting,penyemprot serangan, teko dan lain sebagainya

Setelah gamer memukul sang guru dan mengalahkannya, permainan akan berlanjut ke tahap lain dengan settingan yang sama. Game ini sejauh ini hanya tersedia dalam versi PC, namun konsep yang diusungnya tetap menimbulkan keresahan bagi masyarakat. Game ini juga bahkan memperlihatkan sadisme melalui efek pukulan yang mengakibatkan sang guru berdarah-darah.

Terlihat bagaimana seorang murid pada awalnya duduk di bangku di dalam kelas bersama dengan seorang guru yang duduk di kursinya. Beberapa saat kemudian, dengan ekspresi wajah  marah, ia menghantam gurunya dengan barang apa saja yang ada di kelas.

Tak hanya guru, game ini juga menyediakan modus tetangga atau pencuri sebagai sasaran lain. Sayangnya, game ini tak layak dikonsumsi karena mengandung kekerasan hingga Kominfo berupaya menutup aplikasi tersebut.

Noor Iza, Plt Humas Kominfo menyatakan pihaknya telah menempuh upaya pemblokiran atau penghapusan game kontroversial bertajuk “Pukul Guru Anda”.  Sebelumnya, kata Noor Iza, Kominfo telah menerima laporan terkait game tersebut dari masyarakat. “Kementerian Kominfo menerima aduan konten dari media yang berisi game dengan judul provokatif kekerasan yang tidak sesuai. Laporan disampaikan juga kepada Menteri Rudiantara,” kata Noor Iza. “Hal ini segera ditindaklanjuti dan telah dikomunikasikan ke penyedia konten pada pukul 15.30. Penyedia konten diminta untuk menutup (takedown) dalam waktu 2×24 jam,” imbuh Noor Iza.(okz/faz)

baca juga :

BI Jatim Gencar Sosialisasi dan Distribusikan Kartu ATM GPN

gas

2 WNI Positif Virus Corona, Domisili di Depok

Kebakaran Toko di Pasar Blauran, 5 Tewas

Redaksi Global News