Global-News.co.id
Indeks Nasional Utama

Korban Heli Jatuh 8 Tewas, Keluarga Menangis Sambut Kedatangan Jenazah

SEMARANG (GN) – Korban helikopter Basarnas yang jatuh saat terbang menuju Dieng bertambah. Sebelumnya diberitakan global-news.co.id dua orang tewas, kini sebanyak 8 korban ditemukan meninggal dunia.

Semua jenazah korban kecelakaan helikopter Basarnas dibawa ke RS Bhayangkara Semarang. Identifikasi dilakukan tim Disaster Victim Identification (DVI) Polda Jateng.

Jenazah datang bergiliran, Senin 3 Juli 2017. Tiga jenazah tiba pukul 01.30 WIB, 2 jenazah tiba pukul 03.00 WIB, 3 jenazah tiba pukul 04.00 WIB, Senin (3/7/2017). Tim Basarnas termasuk Kepala Basarnas Jateng, Agus Haryono tak kuasa menitikan air mata.

Pihak keluarga datang sekitar pukul 03.00 WIB dan isak tangis pecah di ruang Instalasi Dokpol RS Bhayangkara Semarang.

Kapolda Jawa Tengah, Irjen Condro Kirono mengatakan jenazah diidentifikasi oleh tim DVI dan akan diserahkan ke pihak keluarga. Penghormatan juga dilakukan kepada para korban yang gugur.

“Saat ini jenazah dibawa ke rumah sakit Polri di Semarang, Rumah Sakit Bhayangkara untuk dilakukan identifikasi oleh tim DVI. Diserahkan pada keluarga dan satuan Basarnas. Untuk penghormatan terakhir,” kata Condro, Senin (3/7/2017).

Untuk diketahui, 8 korban tersebut meninggal saat akan menuju lokasi letusan kawah di Dieng, Banjarnegara. Mereka berangkat dari Ahmad Yani Semarang menggunakan helikopter Dauphin milik Basarnas.

Seperti diberitakan duta.co, helikopter lepas landas pukul 16.00 WIB dan setelah terbang 12 menit, crash terjadi di Pegunungan Butak, Temanggung, Jateng. Kapolda menambahkan, untuk kepastian penyebab jatuhnya helikopter, akan dilakukan pihak terkait termasuk Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

“Kalau teknis kecelakaan memerlukan waktu dari black box, dari Basarnas, KNKT. Black box sudah diamankan,” ujar Condro.

Korban tewas terdiri dari 4 kru dan 4 tim rescue Basarnas:

Kru:

1. Kapten Laut (P) Haryanto
2. Kapten Laut (P) Li Solihin
3. Serka Mpu Hari Marsono
4. Peltu LPU Budi Santoso

Tim Basarnas:

1. Maulana Afandi
2. Nyoto Purwanto
3. Budi Resti
4. Catur (det,wis)

baca juga :

Golkar Serahkan Tiga Nama Cawali Surabaya ke DPP

Redaksi Global News

Javlon Guseynov, Tetap Tertib Jaga Kebugaran Tubuh

Terpapar COVID-19, Sekjen KY Meninggal