Global-News.co.id
Indeks Nasional Utama

Kiddle.Co Ternyata Belum Aman untuk Anak

JAKARTA (GN) – Saat ini menjadi perbincangan orang tua dan guru adanya mesin pencari di internet khusus untuk anak-anak. Semacam mbah google tapi untuk anak-anak. Namanya kiddle.co.

Minggu 2 Juli 2017 kemarin sejumlah orang tua mendapat broadcast mesin pencari ini. Tapi kemudian dibantah bila aman untuk anak.

Memang karena didesain khusus bagi pengguna kalangan anak-anak, Kiddle mengklaim bahwa hasil pencarian melalui produk tersebut aman untuk pengguna di bawah umur.

Benarkah aman? Ternyata tidak sepenuhnya karena mesin pencari ini menyimpan “bahaya tersembunyi” yang bisa berakibat buruk buat anak.

Sebagaimana dirangkum dari Inquisitr, Kiddle ternyata masih menjaring konten yang tak bisa dibilang aman untuk konsumsi anak.

Sebagai contoh, saat ada yang mencari informasi mengenai satu artis peran tertentu, Kiddle malah menampilkan foto artis tersebut dalam keadaan tanpa busana. Tak elok untuk si kecil bukan?

Lantas, apakah Kiddle gagal memberikan mesin pencari yang aman bagi anak-anak? Untuk mengetahui jawabannya, mari kita menelaah cara kerja dari produk ini.

Kiddle bekerja menggunakan Safe Search yang dibuat oleh Google. Meskipun menggunakan platform tersebut, Kiddle bukanlah produk yang dibuat Google, melainkan oleh perusahaan yang berdiri sendiri tanpa ada hubungan apapun dengan raksasa internet tersebut.

Meski berusaha menawarkan hasil pencarian yang relatif aman, Safe Search masih bisa kecolongan. Oleh karena itu, Kiddle dilengkapi dengan sebuah tim editor yang bertugas untuk menyortir dan mencari berbagai konten yang dianggap paling aman untuk dikonsumsi si anak.

Kerja tim editor tersebut bakal terlihat di hasil pencarian. Hasil pencarian pertama hingga ketiga merupakan hasil kurasi yang sudah diperiksa langsung, lalu disimpulkan aman dan khusus ditulis secara spesifik untuk anak-anak.

Kemudian, hasil pencarian keempat hingga ketujuh akan memiliki gaya penulisan yang sedikit lebih dewasa, tetapi dianggap dapat mudah dimengerti oleh anak-anak. Hasil pencarian ini juga dikurasi langsung oleh tim Kiddle.

Tentu saja, dengan keterbatasan orang dan banyaknya jumlah pencarian, tim editor tersebut tidak mungkin mampu menyortir semua data yang ada di internet. Mereka pun masih bisa kebobolan.

Alhasil, saat ini Kiddle belum sepenuhnya aman bagi anak-anak. Akan tetapi, hal tersebut bisa saja berubah dengan berjalannya waktu. Mengapa?

Bisa lapor

Kiddle dilengkapi layanan pelaporan situs berbahaya. Orang tua bisa melaporkan situs mana saja yang dianggap berbahaya.

Orang tua hanya perlu pergi ke bagian “Site Blocking” untuk melaporkan situs-situs yang dianggap berbahaya.

Tim editor Kiddle akan memeriksa situs yang dilaporkan tersebut. Jika tidak sesuai dengan guideline perusahaan, hasil pencarian yang mengarah ke situs berbahaya dimaksud akan dihilangkan dari Kiddle.co.

Harapannya, dengan bantuan dari pengguna, Kiddle bisa dengan sempurna menghadirkan informasi yang aman bagi si buah hati. (kcm, hud)

baca juga :

Masker Kain Turunkan Risiko Penularan COVID-19

Redaksi Global News

Kadinkes Jatim: Gelombang 3 Covid-19 Tak Perlu Ada Kalau Kita Taat Prokes

Redaksi Global News

Tingkatkan Kemandirian Warga Desa Bangilan, Pertamina Berikan Pelatihan dan Peralatan Menjahit