Global-News.co.id
Indeks Pantura

Ketika Pekerja Media Belajar Menjadi Wirausahawan

GN/Chusnul Huda
Suasana pekerja media di Tuban mengikuti edukasi wirausaha.

Berwirausaha bisa dilakukan siapa saja, apapun profesinya. Termasuk para pekerja media. Namun tak semua orang berani menjatuhkan pilihan untuk berwirausaha.

Mata para pekerja media yang hadir dalam program edukasi media yang digelar SKK Migas dan Job Operating Body Pertamina-Petrochina East Jawa (JOB P-PEJ) Tuban, tertuju kepada dua narasumber yang dihadirkan.

Dua narasumber itu Grenda Sri Bhisma seorang wirausaha sukses yang juga seorang jurnalis MNC Group dan juga Bagus A. Lesmana seorang wirausaha importir yang sukses membina dan mendampingi 2000 lebih UKM di Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Grenda Sri Bhisma dalam materinya menyampaikan, kisah suksesnya sebagai seorang wirausaha Warung Kopi Stadion di Surabaya ditengah kesibukannya sebagai seorang jurnalis. Berawal dari modal pinjaman dari koperasi kantor sebesar Rp 7 Juta ia memulai usahanya pada tahun 2010. Seiring berjalannya waktu, kini ia telah sukses mengembangkan 3 warkop yang mempekerjakan 15 orang dengan omset dalam 1 hari Rp 7,5 Juta dari ketiga warkopnya.

“Situasi perusahaan tempat kita bekerja saat ini tidak berbeda dengan perusahaan-perusahaan pada umumnya yang serba sulit dalam situasi ekonomi sekarang ini. Memulai ber-wiraswasta merupakan keputusan bijak tidak hanya untuk diri kita dan keluarga, namun juga bagi masyarakat di sekitar kita,” ucapnya.

Akbar Pradima selaku Field Manager JOB PPEJ dalam sambutannya mengatakan, kegiatan tersebut merupakan program dari perusahaannya. Sehingga bisa memberikan gambaran agar para jurnalis mulai berani memulai berwirausaha selain tentunya juga tetap sebagai seorang jurnalis.

Dalam kesempatan tersebut, setelah para pemateri menyampaikan materinya, para jurnalis juga ditugaskan membuat perencanaan bisnis secara kelompok dan mempresentasikannya. Dengan harapan adanya kalkulasi dan perencanaan yang matang untuk memulai sebuah usaha. Sebab, tak seidkit para jurnalis sukses dengan usaha sampingan yang dirintisnya.

Husni Mubarok salah satu jurnalis TV yang menjadi peserta sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Sebab menurutnya, menjadi motivasi tersendiri bagi dirinya dan rekan-rekan lainnya sebagai tambahan pengalaman.

“Sharing ilmu semacam ini sangat bermanfaat, dan perlu kita kembangkan serta implementasikan,” pungkas wartawan yang juga pengusaha buku tersebut. (hud)

baca juga :

Muncul Klaster COVID-19 Baru, Seoul Tutup Klub dan Bar

Cegah Resesi Tak Berlanjut, Disarankan Rombak Total Program PEN

Redaksi Global News

Menjaga Kualitas Generasi dengan ‘Kampung ASI Eksklusif’

Redaksi Global News