Global-News.co.id
Nasional

Rachmat Gobel: Pertemuan Menteri ESDM-Investor-Pemerintah Jepang Tumbuhkan Optimisme

GN/Istimewa
Menteri ESDM Ignasius Jonan meminta Inpex agar segera mempercepat pengembangan Blok Masela.

TOKYO (global-news.co.id)-Pada hari ketiga kunjungan ke Tokyo, Selasa, 16 Mei 2017, Menteri ESDM, Ignasius Jonan, kembali melanjutkan pertemuan dengan kalangan investor besar Jepang. Agenda pertama breakfast meeting dengan CEO & President Inpex Corporation, Toshiaki Kitamura.

Dilanjutkan bertandang ke head office Japan Bank for International Cooperation (JBIC), untuk berdiskusi dengan CEO JBIC, Tadashi Maeda. Selanjutnya Jonan mengunjungi kantor pusat Itochu Corp, disambut Vice Chairman Yoichi Kobayashi.

Rangkaian agenda hari terakhir ditutup lunch meeting dengan mantan Perdana Menteri Jepang, Yosua Fukuda.

Utusan Khusus Presiden Republik Indonesa untuk Jepang, Rachmat Gobel, menyatakan rangkaian pertemuan Menteri ESDM dengan kalangan investor dan pemerintah Jepang berlangsung sangat positif, dan menumbuhkan optimisme untuk peningkatan kerjasama Indonesia-Jepang, khususnya di sektor energi dan sumber daya mineral.

“Rangkaian pertemuan dan diskusi selama dua hari ini membangkitkan konfidensi kalangan investor Jepang untuk mengembangkan investasinya,” ucap Gobel.

Hal ini diakui Jonan selama tiga hari kunjungannya ke Tokyo yang mendapat sambutan hangat pemerintah dan kalangan investor.

“Kami berinisiatif untuk jemput bola. Banyak masukan yang kami dapat, dan mereka juga paham kebijakan kami, khususnya terkait pengembangan subsektor ketenagalistrikan dan migas,” jelas Jonan.

Yang tidak kalah penting, menurut Jonan, para investor bisa berbicara langsung untuk menemukan solusi jika menghadapi kendala di lapangan. “Mereka bisa datang ke kami kalau ada masalah,” tambah Jonan.

Sambutan hangat memang diperlihatkan kalangan investor dan Pemerintah Jepang selama kunjungan Menteri ESDM kali ini.

President & CEO Mitsubishi Corp, Takehiko Kakiuchi, menyatakan suatu kehormatan dan kebanggaan menerima kunjungan Menteri ESDM RI ke kantornya.

Para pimpinan puncak Tokyo Gas, termasuk CEO Michiaki Hirose, bahkan kompak mengenakan baju batik saat menyambut kedatangan Jonan dan delegasi.

“Ini untuk menunjukkan kegembiraan kami atas kedatangan Menteri ESDM dan penghormatan kami pada kultur Indonesia,” kata Hirose.

Selama berada di Tokyo, Jonan mengadakan delapan kali pertemuan bisnis. Di luar itu Jonan juga bertemu Mantan Perdana Menteri Jepang Yosuo Fukuda, mantan Duta Besar Jepang di Jakarta Yasuaki Tanizaki, serta bertemu diaspora Indonesia di Jepang. (agk)

baca juga :

Wajib Transfer Gaji dan Tunjangan ke Istri, atau TKD Ditangguhkan!

Redaksi Global News

Kapolda Jatim Ikuti Zoom Meeting Vaksinasi Serentak di Desa Suko Sidoarjo

Redaksi Global News

Presiden Optimistis, Generasi Muda NU Akan Bawa Indonesia Maju

Redaksi Global News