Global-News.co.id
Utama

PP Muhammadiyah: Puasa Ramadhan Mulai 6 Juni 2016

GN/Ilustrasi
GN/Ilustrasi

YOGYAKARTA (Global News)-Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah menetapkan 1 Ramadhan 1437 H jatuh pada hari Senin Pahing, 6 Juni 2016 mendatang.

“Berdasarkan hasil hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani oleh majelis tarjih dan tajdi PP Muhammadiyah menetapkan 1 Ramadhan jatuh pada 6 Juni 2016,” jelas Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir dalam konferensi pers yang diadakan di Kantor PP Muhammadiyah Jl Cik Di Tiro Yogyakarta, Senin (18/4/2016).

Hasil hisab tersebut juga menetapkan bahwa Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1437 H akan jatuh pada Rabu Pahing, 6 Juli 2016.

Dalam keterangannya kepada media, Haedar Nasir juga menyatakan, 1 Dzulhijjah jatuh pada Sabtu Legi (3/9/2016), hari Arafah atau 9 Dzulhijjah akan jatuh pada Ahad Wage (11/9/2016) serta Idul Adha 10 Dzulhijjah akan jatuh pada Senin Kliwon (12/9/2016).

“Kami mengimbau seluruh warga Muhammadiyah untuk mengikuti keputusan yang sudah dibuat majelis tarjih dan tajdid PP Muhammadiyah,” ujar Haedar Nasir. “Dan kepada umat Islam kami berharap memasuki Ramadhan dijadikan momen untuk beribadah dan memperbaiki diri,” tambahnya.

Sementara, pemerintah belum bisa memastikan masuknya bulan Ramadhan. Kementrian Agama RI biasanya juga menggunakan metode rukyatul hilal untuk menentukan sudah masuknya atau belumnya bulan Ramadhan. (ant)

baca juga :

Dinkes Jatim: Kelola Hipertensi dengan CERDIK

Kalah di Laga Perdana, Aji Evaluasi Tim

Redaksi Global News

Diaspora Kembangkan Bisnis di Amsterdam, BNI Siap Dukung

Redaksi Global News