Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Yuddy Chrisnandi, menegaskan kembali bahwa evaluasi akuntabilitas kinerja instansi pemerintah dilakukan bukan untuk memberikan rekomendasi penilaian terhadap kinerja para menteri, melainkan untuk perbaikan yang telah dilakukan oleh setiap instansi pemerintah secara keseluruan.
Hal tersebut disampaikan Yuddy dalam acara Pencangan Zona Integritas Menuju WBK & WBBM di Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta, Rabu (06/01). “Tidak mungkin akan terwujud tata kelola pemerintahan yang baik tanpa akuntabilitas yang baik, tanpa tata kelola yang baik, tanpa kedisiplinan dan kepatuhan terhadap aturan yang ada,” ujarnya.
Dikatakan, evaluasi akuntabilitas kinerja ini menilai sejauh mana instansi pemerintah memperjuangkan tata kelola pemerintahan yang baik, mempunyai aparatur sipil negara yang disiplin, ukuran kinerja, rencana kinerja, pelaporan evaluasi dan pengawasan kinerja dan mempunyai hasil yang dapat diukur publik,” ujar Yuddy kepada wartawan.
Menurutnya, apa yang telah disampaikan oleh Presiden Joko Widodo, yaitu saat ini adalah era kompetisi, di mana setiap instansi pemerintah harus berlomba untuk membangun tata kelola pemerintahan yang kompeten, maka setiap instansi harus mampu memiliki pengelolaan yang efektif, efisien, serta memiliki kredibilitas yang kuat.
Menteri Yuddy juga mengatakan, publik memiliki hak untuk mengetahui apakah setiap anggaran yang merupakan ‘titipan rakyat’ dipergunakan oleh tiap-tiap instansi pemerintahan dengan sebaik-baiknya untuk menjalankan program-program pembangunan. “Itu juga merupakan salah satu sebab, mengapa akuntabilitas kinerja instansi pemerintah kemudian dipublikasikan secara luas sejak beberapa tahun belakangan,” imbuhnya.
Menurut Guru Besar FISI Universitas Nasional ini, kurangnya informasi yang didapat membuat segelintir pihak menanggapi evaluasi akuntabilitas kinerja instansi pemerintah sebagai bahan atau rekomendasi yang diberikan kepada Presiden untuk menilai kinerja menterinya, yang kemudian dikaitkan dengan adanya isu reshuffle Kabinet Kerja jilid II.
Padahal, isu yang digulirkan tersebut tidak sesuai dengan apa yang menjadi substansi dalam evaluasi akuntabilitas kinerja instansi pemerintah, yang dilaksanakan dalam rangka membangun tata kelola pemerintahan yang lebih baik. “Jadi sama sekali bukan untuk menilai kinerja para menteri,” tegas Yuddy.
Evaluasi itu dilakukan semata-mata untuk menilai organisasi kementerian, lembaga, hingga pemerintah daerah secara keseluruhan. Tujuannya untuk menilai sejauh mana pertanggungjawaban penggunaan anggaran atas hasil (outcome), serta sejauh mana capaian-capaian kinerja yang dihasilkan.
Namun Menteri Yuddy mengatakan, dengan adanya isu beberapa terakhir ini ada sesuatu hal yang positif, yakni melakukan sebuah proses rekonstruksi di dalam melihat kinerja pemerintah kita sendiri. Yang nilainya baik, sudah diketahui masyarakat, tentu akan mempertahankan akuntabilitas kinerjanya. “Tetapi yang kurang baik akan meningkatkan akuntabilitasnya, sehingga pada tahun-tahun berikutnya akan menjadi baik,” harap Yuddy.
Sisi positif lainnya yang menurut Yuddy patut disyukuri adalah mulai timbulnya kepedulian dari setiap pimpinan kementerian atau lembaga, bahwa kinerja setiap instansi tidak hanya sekedar untuk menghabiskan anggaran, bukan hanya sekedar serapan anggaran, tetapi kualitas dari pemanfaatan anggaran yang menjadi penting.
PERKEMBANGAN NILAI AKUNTABILITAS KINERJA KEMENTERIAN/LEMBAGA | ||||
NO. | INSTANSI PUSAT | NILAI | PREDIKAT | |
2015 | ||||
1 | KEMENTERIAN KEUANGAN | 83.59 | A | |
2 | KOMISI PEMBERANTASAN KORUPSI | 80.89 | A | |
3 | KEMENTERIAN KELAUTAN PERIKANAN | 80.76 | A | |
4 | BADAN PEMERIKSA KEUANGAN | 80.45 | A | |
5 | BADAN PENGAWASAN KEUANGAN DAN PEMBANGUNAN | 77.54 | BB | |
6 | KEMENTERIAN PENDAYAGUNAAN APARATUR NEGERA DAN REFORMASI BIROKRASI | 77.00 | BB | |
7 | KEMENTERIAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN NASIONAL/BAPPENAS | 76.13 | BB | |
8 | KEMENTERIAN SEKRETARIS NEGARA | 74.02 | BB | |
9 | KEMENTERIAN PERINDUSTRIAN | 73.90 | BB | |
10 | BADAN PUSAT STATISTIK | 73.86 | BB | |
11 | MAHKAMAH KONSTITUSI | 73.73 | BB | |
12 | KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN | 73.43 | BB | |
13 | BADAN KOORDINASI PENANAMAN MODAL | 73.31 | BB | |
14 | KEMENTERIAN PERDAGANGAN | 73.30 | BB | |
15 | KEMENTERIAN KESEHATAN | 72.82 | BB | |
16 | PUSAT PELAPORAN DAN ANALISIS TRANSAKSI KEUANGAN | 72.25 | BB | |
17 | KEMENTERIAN LUAR NEGERI | 72.20 | BB | |
18 | KEMENTERIAN PERTANIAN | 72.16 | BB | |
19 | KEMENTERIAN PARIWISATA | 72.08 | BB | |
20 | LEMBAGA ADMINISTRASI NEGARA | 71.12 | BB | |
22 | KEMENTERIAN DALAM NEGERI | 70.64 | BB | |
23 | KEMENTERIAN ENERGI SUMBER DAYA MINERAL | 70.48 | BB | |
24 | BADAN TENAGA NUKLIR NASIONAL | 70.46 | BB | |
25 | LEMBAGA ILMU PENGETAHUAN INDONESIA | 70.14 | BB | |
26 | KEMENTERIAN KOORDINATOR BIDANG PEMBANGUNAN MANUSIA DAN KEBUDAYAAN | 70.12 | BB | |
27 | LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL | 68.94 | B | |
28 | KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI | 68.76 | B | |
30 | KEMENTERIAN PERHUBUNGAN | 68.51 | B | |
31 | KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM | 68.32 | B | |
32 | BADAN PENGKAJIAN PENERAPAN TEKNOLOGI | 68.13 | B | |
33 | KEMENTERIAN PEKERJAAN UMUM DAN PERUMAHAN RAKYAT | 68.13 | B | |
34 | BADAN PENGAWASAN OBAT DAN MAKANAN | 68.07 | B | |
36 | KEPOLISIAN REPUBLIK INDONESIA | 68.04 | B | |
37 | BADAN KEPENDUDUKAN DAN KELUARGA BERENCANA NASIONAL | 67.59 | B | |
38 | KEMENTERIAN KOORDINATOR BIDANG POLITIK HUKUM DAN KEAMANAN | 67.02 | B | |
39 | BADAN NASIONAL PENANGGULANGAN BENCANA | 66.60 | B | |
40 | BADAN PENGAWAS TENAGA NUKLIR | 66.23 | B | |
41 | SEKRETARIAT KABINET REPUBLIK INDONESIA | 66.09 | B | |
42 | BADAN SAR NASIONAL | 65.88 | B | |
43 | BADAN METEROLOGI, KLIMATOLOGI DAN GEOFISIKA | 65.37 | B | |
44 | BADAN INTELEJEN NEGARA | 65.18 | B | |
45 | KEMENTERIAN PERTAHANAN | 65.14 | B | |
46 | KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP DAN KEHUTANAN | 65.07 | B | |
47 | KEMENTERIAN KOMUNIKASI DAN INFORMASI | 64.35 | B | |
48 | BADAN NARKOTIKA NASIONAL | 64.22 | B | |
49 | BADAN STANDARDISASI NASIONAL | 64.21 | B | |
50 | KEMENTERIAN BADAN USAHA MILIK NEGARA | 64.06 | B | |
51 | MAHKAMAH AGUNG | 64.04 | B | |
52 | KEMENTERIAN KOORDINATOR BIDANG PEREKONOMIAN | 63.83 | B | |
53 | KEMENTERIAN SOSIAL | 63.04 | B | |
54 | BADAN INFORMASI GEOSPASIAL | 62.96 | B | |
55 | KEMENTERIAN AGRARIA DAN TATA RUANG/ BPN | 62.11 | B | |
56 | KEMENTERIAN AGAMA | 62.01 | B | |
57 | ARSIP NASIONAL REPUBLIK INDONESIA | 61.21 | B | |
58 | BADAN NASIONAL PENEMPATAN DAN PERLINDUNGAN TENAGA KERJA IN DONESIA | 60.96 | B | |
59 | LEMBAGA KEBIJAKAN PENGADAAN BARANG/JASA PEMERINTAH | 60.84 | B | |
60 | BADAN PENGAWAS PEMILIHAN UMUM | 60.52 | B | |
61 | KEMENTERIAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK | 60.17 | B | |
62 | BADAN NASIONAL PENANGGULANGAN TERORIS | 60.17 | B | |
63 | KOMISI YUDISIAL | 60.07 | B | |
64 | SEKRETARIAT JENDERAL MAJELIS PERMUSYAWARATAN RAKYAT | 60.01 | B | |
65 | SEKRETARIAT JENDERAL DEWAN PERWAKILAN RAKYAT | 58.95 | CC | |
66 | BADAN KEPEGAWAIAN NEGARA | 58.54 | CC | |
67 | MARKAS BESAR TENTARA NASIONAL INDONESIA | 58.24 | CC | |
68 | SEKRETARIAT JENDERAL DEWAN PERWAKILAN DAERAH | 58.07 | CC | |
72 | KEMENTERIAN TENAGA KERJA | 57.79 | CC | |
73 | KEMENTERIAN KOPERASI DAN USAHA KECIL MENENGAH | 57.61 | CC | |
74 | DEWAN KETAHANAN NASIONAL | 56.97 | CC | |
75 | KOMISI PEMILIHAN UMUM | 56.17 | CC | |
76 | LEMBAGA KETAHANAN NASIONAL | 55.04 | CC | |
78 | OMBUDSMAN REPUBLIK INDONESIA | 54.51 | CC | |
80 | LEMBAGA SANDI NEGARA | 54.24 | CC | |
82 | KEMENTERIAN DESA, PEMBANGUNAN DAERAH TERTINGGAL DAN TRANSMIGRASI | 53.97 | CC | |
83 | KEMENTERIAN PEMUDA DAN OLEH RAGA | 53.54 | CC | |
84 | KOMISI NASIONAL HAK ASASI MANUSIA | 51.60 | CC | |
85 | PERPUSTAKAAN NASIONAL | 50.38 | CC | |
86 | KEJAKSAAN AGUNG | 50.02 | CC |
PERKEMBANGAN NILAI AKUNTABILITAS KINERJA PEMERINTAH PROVINSI | ||||
NO. | INSTANSI PEMERINTAH | NILAI | PREDIKAT | |
2015 | ||||
1 | PEMERINTAH PROVINSI DI YOGYAKARTA | 80.68 | A | |
2 | PEMERINTAH PROVINSI JAWA TIMUR | 80.04 | A | |
3 | PEMERINTAH PROVINSI KALIMANTAN SELATAN | 76.30 | BB | |
4 | PEMERINTAH PROVINSI BALI | 75.39 | BB | |
5 | PEMERINTAH PROVINSI KALIMANTAN TIMUR | 75.15 | BB | |
6 | PEMERINTAH PROVINSI SUMATERA SELATAN | 75.11 | BB | |
7 | PEMERINTAH PROVINSI JAWA TENGAH | 72.09 | BB | |
8 | PEMERINTAH PROVINSI SUMATERA BARAT | 70.52 | BB | |
9 | PEMERINTAH PROVINSI JAWA BARAT | 70.06 | BB | |
10 | PEMERINTAH PROVINSI KEPULAUAN RIAU | 68.62 | B | |
11 | PEMERINTAH PROVINSI BENGKULU | 63.74 | B | |
12 | PEMERINTAH PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR | 62.42 | B | |
13 | PEMERINTAH PROVINSI SULAWESI UTARA | 61.00 | B | |
14 | PEMERINTAH PROVINSI BANGKA BELITUNG | 60.96 | B | |
15 | PEMERINTAH PROVINSI KALIMANTAN BARAT | 60.85 | B | |
16 | PEMERINTAH PROVINSI SULAWESI TENGAH | 60.85 | B | |
17 | PEMERINTAH PROVINSI KALIMANTAN TENGAH | 60.69 | B | |
18 | PEMERINTAH PROVINSI DKI JAKARTA | 58.57 | CC | |
19 | PEMERINTAH PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT | 58.65 | CC | |
20 | PEMERINTAH ACEH | 58.24 | CC | |
21 | PEMERINTAH PROVINSI SUMATERA UTARA | 58.00 | CC | |
22 | PEMERINTAH PROVINSI SULAWESI SELATAN | 56.25 | CC | |
23 | PEMERINTAH PROVINSI MALUKU | 55.62 | CC | |
24 | PEMERINTAH PROVINSI GORONTALO | 55.15 | CC | |
25 | PEMERINTAH PROVINSI RIAU | 54.73 | CC | |
26 | PEMERINTAH PROVINSI JAMBI | 52.87 | CC | |
27 | PEMERINTAH PROVINSI LAMPUNG | 51.13 | CC | |
28 | PEMERINTAH PROVINSI BANTEN | 51.12 | CC | |
29 | PEMERINTAH PROVINSI SULAWESI TENGGARA | 50.56 | CC | |
30 | PEMERINTAH PROVINSI SULAWESI BARAT | 50.23 | CC | |
31 | PEMERINTAH PROVINSI PAPUA | 46.03 | C | |
32 | PEMERINTAH PROVINSI PAPUA BARAT | 32.81 | C | |
33 | PEMERINTAH PROVINSI MALUKU UTARA | 31.24 | C | |
34 | PEMERINTAH PROVINSI KALIMANTAN UTARA | 25.34 | D |