Covid-19 Semakin Menyebar, Penyemprotan Digalakkan

Sepanjang Jalan di Jl. Jatisari Permai III, Perum Wisma Permai, Pepelegi, Waru, Sidoarjo Disemprot Disinfektan.

 

SIDOARJO (global-news.co.id) – Sudah lebih dari 8 bulan sejak kasus pertama Covid-19 diidentifikasi di Wuhan, China, dan kasus-kasus baru masih terus dilaporkan di berbagai negara hingga kini namun tren secara umum menunjukkan penambahan kasus baru Covid-19 terus terjadi. Tetapi kasus kematian mengalami penurunan. 
 
 
Kasus baru dan angka kematian COVID-19 di Indonesia juga terus mengalami kenaikan setiap harinya. Berdasarkan data Satuan Tugas Penanganan COVID-19, pada hari Jumat (11/9/2020) jumlah kasus postif COVID-19 sudah nyaris menyentuh 211 ribu kasus. Infeksi harian tercatat ada 3.737 kasus. 
 
 
Selain itu, tercatat sedikitnya 8.544 kasus meninggal dunia atau 4,05 persen dari total kasus yang ada. Persentase tersebut melebihi rata-rata kasus kematian di dunia, yakni 3,24 persen. Lebih 150 ribu pasien sejauh ini telah dinyatakan sembuh.
 
 
Sehari sebelumnya, Kamis (10/9/2020), Indonesia sempat memecahkan rekor kasus baru harian tertinggi yakni sebanyak 3.861 kasus baru. Meski begitu, Juru bicara Satgas Penanganan COVID-19, Prof. Wiku Adisasmito menyampaikan bahwa persentase kasus aktif di Indonesia masih berada di bawah rata-rata dunia dengan kisaran 24,7 persen. Rata-rata dunia berada di kisaran 25,04 persen.
 
 
“Terlihat bahwa beberapa waktu terakhir ini penambahan kasus positifnya selalu meningkat dan cukup tinggi, dan perlu menjadi perhatian kita semuanya, pemerintah daerah dan seluruh masyarakat untuk mengendalikan kasusnya lebih baik,” ungkap Wiku dalam konferensi pers yang disiarkan langsung di akun YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (10/9/2020).
 
 
Sementara itu, sejumlah kampung  terus melakukan protokol kesehatan dengan ketat. Di samping itu, penyemprotan disinfektan terus digalakkan. Seperti halnya yang dilakukan oleh Pengurus RT 02/RW 08, Desa Pepelegi, Waru, Sidoarjo, Sabtu (12/0/2020), yang melakukan penyemprotan sepanjang jalan (gang), Jl. Jatisarai Permai III, Perum Wisma Permai, Pepelegi, Waru, Sidoarjo.
 
 
“Beberapa waktu lalu, kami sudah melakukan penyemprotan di setiap rumah yang ada di RT 02, kini berlanjut  sepanjang  jalan kami semprot dengan disinfektan. Tujuannya agar  sepanjang  gang ini steril. Saya juga menghimbau kepada semua warga RT 02 jangan kendor melaksanakan protokol kesehatan dengan memakai masker, rajin cuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak,” kata Ketua RT 02, Endro Sucipto. (Erfandi Putra)