Pemkot Surabaya Borong Puluhan Mobil Toyota Innova All New

Puluhan mobil Toyota Innova All New terparkir rapi di halaman Balai Kota Surabaya, Kamis (8/6/2017). * SUC

SURABAYA (global-news.co.id)-Para pejabat satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, tampaknya bakal dimanjakan dengan mobil dinas (Mobdin) baru. Ini terlihat dengan puluhan mobil Toyota Innova All New yang diborong Pemkot Surabaya, terparkir rapi di Balai Kota Surabaya, Kamis (8/6/2017).

Rabu (7/6/2017), Pemkot Surabaya mendatangkan 54 mobil Toyota keluaran terbaru, dan Kamis (8/6/2017) ini, kembali mendatangkan 16 mobil dengan tipe yang sama. Total ada 70 mobil Toyota keluaran terbaru berwarna hitam ini kini terparkir rapi di halaman Balai Kota Surabaya.

Edo, driver dari PT Ardiman Putra Pramata penyalur mobil Toyota di wilayah timur mengatakan, total yang dibawa ke Balai Kota hari ini ada 16 unit. Sedangkan untuk mobil dinas baru yang datang kemarin didatangkan dari Gresik. Akan tetapi untuk pembeliannya dari showroom Basuki Rahmat Surabaya.

“Sekarang sih total 16 mobil. Tapi nggak tahu kalau nanti bertambah. Kalau mobil ini didatangkan dari distributor di Waru (Sidoarjo),” ucapnya.

Pria berseragam hitam bercorak putih ini mengatakan jenis mobil dinas belum berplat nomor ini adalah jenis matic keluaran terbaru. “Ini yang kualitas bagus. Tipenya semuanya G,” imbuhnya.

Menurutnya, dibandingkan mobil manual, harga mobil matic memang lebih mahal. Namun sebanding dengan kualitas dan transmisinya. “Harganya bisa sampai Rp 380-an juta, bahkan lebih,” ucapnya.

Kepala Bagian Perlengkapan Pemkot Surabaya Nuryati saat dikonfirmasi mengatakan, mobil baru yang dibeli dengan anggaran APBD 2017 ini memang untuk keperluan pemkot. “Nantinya akan dipakai untuk mobil operasional pemkot,” katanya.

Sayangnya, ia masih enggan menjelaskan secara detail siapa saja pejabat yang akan mendapat fasilitas mobil dinas baru tersebut. Akan tetapi dari harga pasar, mobil tersebut dibanderol dengan harga sekitar Rp 430 juta.

Sementara itu, sejumlah pejabat tampaknya belum mengetahui jika bakal mendapatkan mobil dinas baru yang kini tengah dijajar di pelataran halaman Balai Kota tersebut. Kepala Dinas Kesehatan Febria Rachmanita misalnya. Ia mengaku belum dapat informasi terkait adanya mobil dinas baru. “Wah ini mobil baru ya. Tapi saya nggak tahu itu buat siapa ya,” ucapnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Camat Sawahan, Yunus yang ada di Balai Kota sore tadi. Ia menyebutkan kalau untuk kepala dinas jumlahnya tentu lebih. Sebab untuk SKPD dikatakan Yunus hanya sekitar 30 an. “Mungkin untuk camat juga. Saya amini saja kalau begitu,” ucapnya sembari tersenyum.

Sebagaimana diketahui, untuk tahun lalu pemkot memang sudah melakukan sejumlah pengadaan mobil dinas baru. Di antaranya untuk wali kota Surabaya, wakil wali kota Surabaya dan juga pimpinan DPRP Kota Surabaya yang mengganti mobilnya menjadi Pajero Sport.

Sedangkan untuk pejabat internal pemkot belum dilakukan pengadaan mobil dinas baru. Saat ini untuk pejabat setara kepala dinas mereka menggunakan mobil dinas bermerek Kijang Innova. * suc, pur