Global-News.co.id
Mataraman Utama

Perpus Plosorejo Blitar Berlomba ke Tingkat Nasional

Kunjungan tim penilaian lomba Perpustakaan Desa/Kelurahan Terbaik tingkat nasional yang dilakukan secara daring di Pendopo RHN

BLITAR (global-news.co.id) –  Perpustakaan Samudra Pustaka Desa Plosorejo, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar menjadi duta Jatim berlomba di tingkat nasional.

Bupati Blitar Rini Syarifah didampingi Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip menerima kunjungan tim penilaian lomba Perpustakaan Desa/Kelurahan Terbaik tingkat nasional yang dilakukan secara daring di Pendopo RHN, Rabu (25/8/2021).

Bupati yang akrab disapa Mak Rini itu mengatakan Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Blitar terus berupaya memberikan pembinaan terhadap penyelenggaraan perpustakaan desa/kelurahan yang sesuai dengan standar nasional.

Adapun standar nasional perpustakaan di antaranya standar koleksi perpustakaan, standar sarana dan prasarana, standar pelayanan, standar tenaga, standar penyelenggaraan dan standar pengelolaan perpustakaan.

”Jadi, sesuai Peraturan Kepala Perpustakaan Nasional RI Nomor 6 Tahun 2017 tentang standar nasional perpustakaan desa/kelurahan, Perpustakaan Samudra Pustaka Desa Plosorejo, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar sudah sesuai standar nasional. Sehingga mewakili Provinsi Jawa Timur untuk bersaing dengan 33 provinsi yang ada di Indonesia,” ujarnya.

Perpustakaan Samudra Pustaka telah berinovasi di antaranya 9 Pojok Baca, Obrok Pintar, Bung Karno Corner dan tersedianya barcode memudahkan untuk menemukan literasi.

Mak Rini berharap perpustakaan Samudra Pustaka Desa Plosorejo bisa terpilih menjadi Perpustakaan Umum Terbaik di tingkat nasional sehingga dapat menjadi literasi bagi masyarakat Kabupaten Blitar. (ins)

baca juga :

Sapu Angin ITS Wakili Asia, Tantang Tim AS dan Eropa

Redaksi Global News

Rel Porong Terendam, Perjalanan Kereta Terganggu

Redaksi Global News

HPN 2018: PWI Jatim Beri Penghargaan Sejumlah Tokoh Nasional

gas