Global-News.co.id
Mataraman Utama

Perpus Plosorejo Blitar Berlomba ke Tingkat Nasional

Kunjungan tim penilaian lomba Perpustakaan Desa/Kelurahan Terbaik tingkat nasional yang dilakukan secara daring di Pendopo RHN

BLITAR (global-news.co.id) –  Perpustakaan Samudra Pustaka Desa Plosorejo, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar menjadi duta Jatim berlomba di tingkat nasional.

Bupati Blitar Rini Syarifah didampingi Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip menerima kunjungan tim penilaian lomba Perpustakaan Desa/Kelurahan Terbaik tingkat nasional yang dilakukan secara daring di Pendopo RHN, Rabu (25/8/2021).

Bupati yang akrab disapa Mak Rini itu mengatakan Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Blitar terus berupaya memberikan pembinaan terhadap penyelenggaraan perpustakaan desa/kelurahan yang sesuai dengan standar nasional.

Adapun standar nasional perpustakaan di antaranya standar koleksi perpustakaan, standar sarana dan prasarana, standar pelayanan, standar tenaga, standar penyelenggaraan dan standar pengelolaan perpustakaan.

”Jadi, sesuai Peraturan Kepala Perpustakaan Nasional RI Nomor 6 Tahun 2017 tentang standar nasional perpustakaan desa/kelurahan, Perpustakaan Samudra Pustaka Desa Plosorejo, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar sudah sesuai standar nasional. Sehingga mewakili Provinsi Jawa Timur untuk bersaing dengan 33 provinsi yang ada di Indonesia,” ujarnya.

Perpustakaan Samudra Pustaka telah berinovasi di antaranya 9 Pojok Baca, Obrok Pintar, Bung Karno Corner dan tersedianya barcode memudahkan untuk menemukan literasi.

Mak Rini berharap perpustakaan Samudra Pustaka Desa Plosorejo bisa terpilih menjadi Perpustakaan Umum Terbaik di tingkat nasional sehingga dapat menjadi literasi bagi masyarakat Kabupaten Blitar. (ins)

baca juga :

Kemensos Raih Penghargaan Evaluasi Kinerja Pelaksanaan Anggaran 2016

Redaksi Global News

PLN Jatim Targetkan Tambahan 2.153 Pelanggan Sektor Agrikultur hingga Desember 2021

Titis Global News

Moch Eksan: Pemberlakuan SPP Cegah Kriminalisasi Pendidikan

Redaksi Global News