Hanura-PPP Siap Dukung Gus Ipul Cagub Jatim, Asal?

GUS Ipul bersalaman dengan Ketua DPD Hanura Jatim Kelana Aprilianto, di sela kunjungannya, Jumat malam (16/6/2017).

SURABAYA (global-news.co.id)-Calon Gubernur (Cagub) Jatim, Saifullah Yusuf bersama Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jatim, sebagai partai pengusung terus melakukan gerilya ke partai politik (Parpol) di Jawa Timur. Tak tanggung-tanggung, Jumat (16/6/2017) malam, Gus Ipul sapaan Saifullah Yusuf bersama PKB secara estafet melakukan safari politik ke kantor DPD Hanura Jatim dan DPW PPP Jatim.

Dalam silaturrahmi politik tersebut, baik Gus Ipul maupun Ketua Tanfidz DPW PKB Jatim H Abdul Halim Iskandar, secara blak-blakan berharap adanya dukungan politik kepada Gus Ipul sebagai Cagub Jatim. “PKB sudah memutuskan mengusung Gus Ipul sebagai calon gubernur Jawa Timur. Kami mempromosikannya sekaligus mohon doa restunya,” kata Halim di kantor DPD Partai Hanura Jawa Timur, Jalan Citandui, Surabaya, Jumat (16/6/2017) malam.

Ajakan serupa juga disampaikan Halim kepada Ketua DPW PPP Jatim, H Musyafa’ Noer saat silaturrahmi di kantor DPW PPP Jatim, Jl. Raya Kendangsari No.34, Kendangsari, Tenggilis Mejoyo, Surabaya, Jumat malam. “Kami mengharapkan kakak kami (PPP), untuk tidak ketinggalan bagian sejarah perjalanan Jawa Timur dengan bersama-sama kompak mengusung Gus Ipul sebagian Gubernur Jawa timur,” ujar Gus Halim.

Pria yang juga ketua DPRD Jatim ini menjelaskan, kalau PPP adalah partai yang lahir dari NU lebih awal ketimbang PKB, sehingga Gus Halim sengaja menjuluki PPP sebagai ‘kakak kandung’. Oleh sebab itu, ia berharap agar kompak dalam Pilgub nanti.

“Rasanya gak tega kalau kami tidak mengajak saudara tua kami PPP untuk bersama-sama mengukir Jawa Timur lebih baik dan tentunya juga mendukung Gus Ipul,” sambung Gus Halim.

Sementara itu, langkah PKB yang intens melakukan safari politik tersebut mendapat apresiasi dari Gus Ipul. Ia pun mengaku terharu dengan upaya PKB Jatim yang terus menyosialisasikan dirinya lewat silaturahmi ke pengurus parpol di Jatim.

“Ke depan masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan seperti kemiskinan, kesenjangan hingga perbaikan infrastruktur. Tujuannya semua untuk Jawa Timur lebih baik,” kata Gus Ipul.

Sementara itu, Ketua DPD Hanura Jatim Kelana Aprilianto mengapresiasi silaturahmi yang dilakukan pengurus PKB Jatim dan Gus Ipul. “Kami juga memiliki visi yang sama, menjadikan Jawa Timur sebagai provinsi yang makmur, damai dan sejahtera,” ujar Kelana.

Kepada Halim, Kelana juga berharap, agar PKB juga bisa menjadikan kader terbaik Hanura menjadi Cawagub Jatim. “Tapi semua itu bergantung keputusan DPP,” tegasnya lagi.

Sikap demikian juga disampaikan Ketua DPW PPP Jatim, Musyaffa’ Noer. Ketua Fraksi PPP DPRD Jatim ini pun secara terang-terangan agar PKB bisa menempatkan dirinya sebagai kader terbaik PPP menjadi Cawagub Jatim. “Kalau jadi Cagub kan gak mungkin. Jadi ya cukup Cawagub aja,” tutur Musyaffa’.

Namun kebijakan tersebut tetap akan dibicarakan dengan DPP PPP. Karena kemungkinan nanti, PPP akan membuka pendaftaran untuk Cagub Jatim. “Nah, nanti Gus Ipul bisa daftar Cagub Jatim yang diadakan PPP. Gratis,” tegasnya.

Seperti diketahui Hanura dan PPP merupakan partai kelima dan keenam yang telah dikunjungi rombongan ‘Safari Politik’ ini. Sebelumnya Gus Ipul dan PKB telah mendatang partai Demokrat, PDIP, Golkar, Nasdem dan PAN untuk bersama-sama mendukung Gus Ipul. * nas