Global-News.co.id
Gresik-Sidoarjo-Mojokerto Utama

Pesan Wabup Subandi: Petugas KPPS Jaga Kesehatan dan Bekerja dengan Penuh Integritas

SIDOARJO (global-news.co.id) – Wakil Bupati Sidoarjo H. Subandi SH meminta seluruh Petugas KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) untuk menjalankan tugas dengan penuh integritas, mengikuti asas Jurdil (Jujur dan Adil) dalam pelaksanaan Pemilu tanggal 14 Februari 2024. Hal tersebut penting dilakukan guna memastikan kelancaran dan keadilan pesta demokrasi lima tahunan itu.

Pesan tersebut disampaikan oleh Wakil Bupati Sidoarjo H. Subandi usai mengikuti kegiatan senam sehat bersama KPU Sidoarjo, Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, dan Petugas KPPS, Minggu (11/2/2024) di Halaman Kantor KPU Sidoarjo.

Wabup H. Subandi juga menegaskan, Pemerintah Kabupaten Sidoarjo telah menyiapkan segala kebutuhan untuk mendukung pelaksanaan Pemilu 2024, termasuk dengan menyediakan fasilitas kesehatan di Puskesmas yang tersebar di seluruh Kabupaten Sidoarjo.

“Langkah ini bertujuan untuk mengurangi resiko gangguan kesehatan yang mungkin dihadapi oleh petugas KPPS selama menjalankan tugas mereka, dengan harapan dapat mencegah petugas KPPS dan PPS mengalami kondisi sakit atau kelelahan saat proses penghitungan suara,” jelasnya.

“Seperti yang kita ketahui, pada Pemilu 2019, banyak petugas KPPS yang mengalami kendala dalam menjalankan tugasnya,” tambahnya.

Ketua KPU Sidoarjo, M. Iskak, menjelaskan bahwa kegiatan senam bersama tersebut bertujuan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran para Petugas KPPS sebelum pelaksanaan pencoblosan suara Pemilu 2024 pada tanggal 14 Februari 2024.

Bawaslu Gelar Apel Siaga

Sementara itu Bawaslu Kabupaten Sidoarjo menggelar apel siaga pengawasan tahapan masa tenang pada Pemilu 2024, Minggu (11/2) di halaman parkir Mal Pelayanan Publik Sidoarjo. Apel siaga ini diikuti lebih kurang 6.300 personel dari pengawas Pemilu dan tamu undangan.

Selain Wakil Bupati Sidoarjo, Subandi, SH, yang hadir dalam kegiatan tersebut juga dihadiri Ketua DPRD Sidoarjo, H. Usman.

Wabup Sidoarjo, H. Subandi, SH mewanti-wanti untuk tetap menjaga stabilitas politik. “Mari bersama – sama kita sukseskan agenda pemerintah lima tahun sekali yakni pemilu tahun ini dengan jujur dan adil (jurdil) dan riang gembira. Demokrasi dan stabilitas politik harus betul-betul kita jaga bersama, ” pintanya.

Ia juga mengingatkan, pelaksanaan Pemilu tinggal 3 hari lagi, para petugas jaga kesehatan. Jangan sampai terjadi lagi seperti pemilu tahun 2019, banyak petugas yang jatuh sakit pasca Pemilu.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Sidoarjo, Agung Nugraha, SH., memastikan di wilayah kerja masing-masing alat peraga kampanye di sekitar TPS sudah tidak ada. Kedua, pastikan dalam pungut hitung nanti dokumen berita acara utama mulai dokumen pemungutan suara hingga daftar hadir terecord secara baik.

“Dalam pemungutan suara yang namanya pergeseran dan penambahan surat suara kemungkinan selalu ada. Ketika ada penambahan suara di TPS, pastikan juga dituangkan dalam dokumen C kejadian khusus. Jika dokumen C ini terisi dengan sempurna adanya keberpihakan penyelenggara dan lain-lain itu akan tertepis,” jelasnya

Agung juga memastikan terkait netralitas pengawas, dimohon untuk mengonsolidasikan dengan rekan – rekan teknis didalam pengelolaan TPS. Pemilu kali ini memang pemilu yang begitu berat, dan besar karena yang kita kelola 5 kotak suara, ini akan menjadi effort lebih bagi saudara.

“Di waktu yang sempit ini harapan saya sederhana, silahkan berkonsolidasi terus. Pengawas TPS konsolidasi dengan Pengawas Kelurahan Desa (PKD), PKD konsolidasi dengan Panwascam. Dan Panwascam berkonsolidasi dengan pengawas kabupaten,” pintanya. (win)

baca juga :

RHU Wajib Tutup, Pemkot Surabaya Juga Larang Warga Bagi Takjil

Redaksi Global News

Tekan Stunting, Bupati Madiun Dapat Apresiasi Menko PMK.

gas

Raja’e : Hari Jadi Momentum Introspeksi dan Maksimalkan Potensi

gas