Global-News.co.id
Gresik-Sidoarjo-Mojokerto Utama

Bawaslu Gelar Apel Siaga Pemilu 2024 Dihadiri Wabup Subandi

SIDOARJO (global-news.co.id) – Bawaslu Kabupaten Sidoarjo menggelar apel siaga pengawasan tahapan masa tenang pada pemilu 2024, Minggu (11/2/2024) di halaman parkir Mal Pelayanan Publik Sidoarjo. Apel siaga ini diikuti lebih kurang 6.300 personil dari pengawas pemilu dan tamu undangan.

Selain Wakil Bupati Sidoarjo, Subandi, SH, acara itu juga dihadiri Ketua DPRD Sidoarjo, H Usman.

Dalam sambutannya, Wabup Sidoarjo, H Subandi SH mewanti – wanti untuk tetap menjaga stabilitas politik. “Mari bersama – sama kita sukseskan agenda pemerintah lima tahun sekali yakni pemilu tahun ini dengan jujur dan adil (jurdil) dan riang gembira. Demokrasi dan stabilitas politik harus betul – betul kita jaga bersama, ” pintanya.

Ia juga mengingatkan bahwa pelaksanaan pemilu tinggal 3 hari lagi, para petugas jaga kesehatan. Jangan sampai terjadi lagi seperti pemilu tahun 2019, banyak petugas yang jatuh sakit pasca pemilu.

“Pemerintah daerah insya Allah akan menyiapkan layanan kesehatan dan piranti kesehatan lainnya keliling di tiap – tiap desa,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Sidoarjo, Agung Nugraha SH, memastikan pertama, di wilayah kerja masing – masing alat peraga kampanye di sekitar TPS sudah tidak ada. Kedua, pastikan dalam pungut hitung nanti dokumen berita acara utama mulai dokumen pemungutan suara hingga daftar hadir terecord secara baik.

“Dalam pemungutan suara yang namanya pergeseran dan penambahan surat suara kemungkinan selalu ada. Ketika ada penambahan suara di TPS, pastikan juga dituangkan dalam dokumen C kejadian khusus. Jika dokumen C ini terisi dengan sempurna adanya keberpihakan penyelenggara dan lain – lain itu akan tertepi,” jelasnya.

Agung juga memastikan terkait netralitas pengawas, dimohon untuk mengonsolidasikan dengan rekan – rekan teknis di dalam pengelolaan TPS. Pemilu kali ini memang pemilu yang begitu berat, dan besar karena yang kita kelola 5 kotak suara, ini akan menjadi effort lebih bagi saudara.

“Di waktu yang sempit ini harapan saya sederhana, silakan berkonsolidasi terus. Pengawas TPS konsolidasi dengan Pengawas Kelurahan Desa (PKD), PKD konsolidasi dengan Panwascam. Dan Panwascam berkonsolidasi dengan pengawas kabupaten,” pintanya. (Win)

baca juga :

Leg 1 Semifinal Piala AFF, Indonesia Ditahan Singapura 1-1

Redaksi Global News

Kapolresta Sidoarjo Cek Arus Balik di Terminal Purabaya

10 WNI Ditawan Kelompok Abu Sayyaf

Redaksi Global News