Global-News.co.id
Metro Raya Pendidikan Utama

Pesta Miras, 21 Pelajar Dihukum Layani ODGJ di Liponsos

Sebanyak 21 pelajar SMA di Surabaya dijatuhi sanksi sosial berupa merawat orang dalam gangguan jiwa penghuni Liponsos Keputih

SURABAYA (global-news.co.id) – Sebanyak 21 pelajar SMA di Kota Surabaya dijatuhi sanksi sosial berupa merawat orang dalam gangguan jiwa (ODGJ) penghuni Lindungan Pondok Sosial (Liponsos) Keputih, lantaran kedapatan melakukan pesta minuman keras di kawasan Flyover Jalan Gubeng, saat jam pulang sekolah.

“Puluhan pelajar tersebut dibagi tugas layaknya petugas Liponsos, mulai dari memberi makan dan memotong kuku orang dengan gangguan jiwa (ODGJ), memandikan ODGJ, serta memotong rambut para ODGJ,” kata Fikser melalui keterangan resmi, Kamis (11/1/2024).

Fikser menjelaskan puluhan pelajar yang dikirim ke Liponsos Keputih adalah mereka yang tertangkap petugas, pada Rabu, 10 Januari 2024.

Tak hanya menangkap, petugas Satpol PP turut mengamankan dua botol berisi minuman beralkohol. “Kami amankan mereka, kami juga bawa barang bukti dua botol miras yang satu masih utuh, dan sisanya sudah berkurang,” ujarnya.

Sebelum dibawa ke Liponsos, 21 pelajar SMA itu terlebih dahulu menjalani pemeriksaan di Kantor Satpol PP setempat. Pihak sekolah juga turut dipanggil saat proses tersebut berjalan.

“Pihak sekolah kami panggil gunanya agar pihak sekolah tau bahwa beberapa murid dari mereka dijangkau oleh kami, sehingga pihak sekolah dapat memberikan perhatian lebih kepada mereka ini serta menghindari kejadian yang serupa kepada murid yang lain,” ucapnya.

Fikser berharap sanksi sosial yang diberikan mampu menghadirkan efek jera, sehingga puluhan siswa itu tak mengulangi perbuatannya.

“Kami ingin dengan adanya sanksi sosial tersebut, agar adik-adik tersebut tidak melakukan tindakan yang bisa merugikan orang lain serta merugikan diri mereka sendiri,” ucapnya.

Selain itu, mantan Kepala Bagian Humas Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya mengimbau kepada pihak sekolah dan orang tua bisa melakukan pembinaan kepada anak-anaknya.

“Pihak sekolah maupun orang tua bisa lebih dekat dengan anak-anak mereka, tanya selalu apa dan bagaimana keadaan mereka di sekolah maupun di luar sekolah, awasi dan jaga selalu mereka, bukan mengekang tetapi lebih kepada bagaimana agar mereka tetap pada jalur yang benar,” kata dia. (pur)

baca juga :

Hafal Juz Amma, Bisa Daftar PPDB Jalur Prestasi di Kab Mojokerto

Redaksi Global News

Harga Rokok dan Tarif Tol Diprediksi Kerek Inflasi

Redaksi Global News

6 Juni: Tambah 288, Kasus Corona di Jatim Melesat Jadi 5.835 Orang

Redaksi Global News