Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Utama

Permintaan Domestik Menguat, Tahun Depan BI Perkirakan Perekonomian Jatim di Kisaran 4,7-5,5%

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur Rizki Ernadi Wimanda pada Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) 2023 yang digelar di Surabaya

SURABAYA (global-news.co.id) – Perekonomian Jawa Timur terus menunjukkan ketahanan dan prospek yang baik di tengah kondisi global yang masih bergejolak dan belum mereda. Bank Indonesia Provinsi Jatim memperkirakan perekonomian Jawa Timur pada tahun 2024 tetap kuat berada kisaran 4,7% – 5,5% (yoy) didorong oleh penguatan permintaan domestik seiring pelaksanaan Pemilu dan Pilkada serentak.

Hal tersebut berpotensi meningkatkan konsumsi baik Rumah Tangga (RT) termasuk konsumsi Lembaga Non-Profit yang Melayani Rumah Tangga (LNPRT), begitu pula dengan LU perdagangan dan LU AK Mamin.

Demikian disampaikan Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur Rizki Ernadi Wimanda pada Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) 2023 yang digelar di Surabaya, Kamis (29/11/2023) malam.

Dikatakan Rizki, tumbuh kuatnya ekonomi Jawa Timur turut diiringi tingkat inflasi 2024 yang meningkat namun diprakirakan tetap terjaga dalam rentang sasaran 2,5±1%. “Inflasi kelompok pangan diperkirakan relatif terkendali didukung cuaca yang kondusif dibandingkan tahun 2023,” katanya dalam siaran pers kemarin.

Koordinasi kebijakan yang erat dengan Pemerintah Pusat dan Daerah melalui Tim Pengendalian Inflasi Pusat dan Daerah (TPIP dan TPID) serta Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) menurutnya juga berkontribusi kuat dalam pengendalian inflasi.

Kredit diprakirakan tumbuh pada kisaran 10%-12% (yoy) yang didukung oleh Kebijakan Insentif Likuiditas Makroprudensial (KLM) yang berlaku sejak 1 Oktober 2023 untuk mendorong intermediasi yang seimbang (pro growth) melalui peningkatan likuiditas perbankan. “Sinergi dan inovasi merupakan kunci dari prospek kinerja ekonomi Jawa Timur pada 2024 yang akan melanjutkan ketahanan dan kebangkitan ekonomi,” kata Rizki.

Sementara Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak secara online dalam forum tersebut menyampaikan bahwa di tengah tantangan global saat ini, Pemerintah Provinsi Jawa Timur telah merumuskan lima strategi utama dalam mendukung percepatan pembangunan ekonomi di Jawa Timur.

Pertama, percepatan pembangunan industri dan perdagangan melalui peningkatan ekspor dan Kerjasama Antar Daerah (KAD), memperkuat konektivitas melalui misi dagang. Kedua, transformasi sektor pariwisata melalui penguatan aspek 3A2P serta pengembangan desa wisata dan platform digital. Ketiga, akselerasi investasi melalui program promosi, dan kemudahan perijinan. Keempat, optimalisasi sektor agro & ketahanan pangan dalam mendukung kinerja sektor pertanian dan pengendalian inflasi. Kelima, penguatan koperasi dan UMKM melalui program OPOP (One Pesantren One Product), millennial job center, dan sebagainya. Emil yakin di 2024, Provinsi Jawa Timur tetap dalam semangat “Jatim Bangkit Optimis Terus Melaju”.

Pada kesempatan tersebut, Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur juga memberikan penghargaan Bank Indonesia Award tahun 2023 kepada 6 mitra strategis yang berasal dari kalangan perbankan, UMKM, mitra edukasi Cinta Bangga Paham Rupiah, KUPVA BB, dan Penyedia Jasa Pembayaran Layanan Remitansi (PJPLR) sebagai apresiasi atas dukungannya selama ini dalam pelaksanaan tugas Bank Indonesia sepanjang tahun 2023.

Pemberian penghargaan ini merupakan apresiasi atas sinergi yang terjalin antara Bank Indonesia dan stakeholders dalam rangka mempercepat pemulihan ekonomi Provinsi Jawa Timur.

Forum PTBI merupakan forum strategis yang diselenggarakan rutin setiap akhir tahun untuk menyampaikan pandangan Bank Indonesia mengenai kondisi perekonomian terkini, tantangan, prospek, dan arah bauran kebijakan Bank Indonesia khususnya di Jawa Timur. Kegiatan PTBI di daerah mengiringi kegiatan yang diselenggarakan secara langsung Bank Indonesia di Kantor Pusat dengan pemaparan Gubernur Bank Indonesia dan arahan Presiden RI. (tis)

Apresiasi Stakeholders Daerah pada PTBI Jawa Timur 2023

No. Kategori Pemenang
1 UMKM Orientasi Ekspor Binaan Terbaik Provinsi Jawa Timur Tahun 2023 KSU
Buah Ketakasi

2 UMKM Syariah Binaan Terinovatif Provinsi Jawa Timur Tahun 2023 Gapoktan Mitra Arjuna

3 Bank dengan Distribusi dan Layanan Kas Uang Rupiah Terbaik Provinsi Jawa Timur Tahun 2023 BCA KCU Darmo, Surabaya

4 Mitra edukasi Cinta Bangga Paham Rupiah terbaik Provinsi Jawa Timur Tahun 2023 Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur

5 KUPVA BB Terbaik Provinsi Jawa Timur Tahun 2023 PT. La Nina Niaga Nasional

6 Penyedia Jasa Pembayaran Layanan Remitansi (PJP LR) Terbaik Provinsi Jawa Timur Tahun 2023 PT Mitra Trans Optimal

baca juga :

Gadis Prancis Itu Kejar Cinta Sang Pengamen

Redaksi Global News

Banjir Lagi, Warga Kembali Mengungsi

Titis Global News

Dirusak Berjamaah, Indonesia Perlu Taubat Nasional

gas