Global-News.co.id
Madura Utama

Mencapai Rp 245 Juta, Donasi Palestina Terus Bertambah


PAMEKASAN (global-news.co.id) – Hingga kini dana donasi untuk Palestina dari masyarakat Pamekasan yang disalurkan lewat Baznas Pamekasan telah mencapai Rp 245,5 juta. Sampai sekarang Baznas Pamekasan masih terus membuka penyaluran donasi bagi warga maupun lembaga yang ingin membantu saudaranya di Palestina.

Ketua Baznas Pamekasan K. Mudarris Abdul Wahab mengatakan dana sebanyak itu berasal dari sejumlah lembaga atau paguyuban dan ada pula yang berasal dari perorangan. Jumlah terbesar berasal dari Komunitas Dai Muda Pamekasan sebesar Rp 205. 450 000.

“Donasi yang dari Dai Muda Pamekasan itu terbesar, dikumpulan selama tiga kali. Pertama sebesar Rp 186 juta lebih , lalu yang kedua sebesar Rp 2,4 juta dan terakhir sebesar Rp 27 juta yang akan segera masuk dalam waktu dekat,” kata Gus Darris, sapaan K. Mudarris, Selasa (19/12/2023).

Yang lainnya berasal dari Forum Silaturrahmi Ulama dan Tokoh Agama (Formiga) Pamerkasan sebesar Rp 8.730.000, lalu dari karyawan Dinas Ketahanan Pangan Pertanian (DKPP) Pamekasan sebesar Rp 520 ribu. Dari lembaga Pendidikan Islam Nurul Iman Pasean sebesar Rp 15.064.100, lalu dari RSU Asy Syifa Pamekasan sebesar Rp 1.905.000, dari Moh Nuril Anwar sebesar Rp3.300.000.

Gus Darris mengucapkan terima kasih kepada lembaga maupun pribadi yang telah mempercayakan penyaluran donasi Palestina kepada Baznas Pamekasan. Dia yakin ini terjadi karena kesadaran masyarakat semakin meningkat untuk membantu sesamanya.

“Dan yang paling penting, kepercayaan dari masyarakat Pamekasan kepada kami Baznas Pamekasan telah makin neningkat. Dan kepercayaan ini harapannya bukan hanya untuk saat ini yakni pengumpulan donasi untuk Palestina saja, namun juga untuk pengumpulan dana zakat infaq sadakah lainnya secara umum,” tuturnya.

Dia menegaskan Baznas adalah lembaga pemerintah resmi non structural, berdasarkan Undang Undang mendapat tugas untuk mengumpulkan dan menyalurkan dana Zakat Infaq dan Sadakah kepada yang berhak. Secara umum tugas Baznas ini untuk membantu pemerintah mengentaskan kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Hingga kini dana yang terkumpul melalui Baznas Pamekasan yang telah ditransfer ke rekening Baznas RI sebesar Rp 186 juta. Sedangkan sisanya segera menyusul. Menurut rencana akan dikirim bersamaan dengan Baznas daerah lainnya se Jatim dalam acara khusus di Surabaya.

“Ada undangan kepada Baznas daerah se Jatim, minggu ini di Surabaya oleh Baznas Jatim acaranya untuk penyerahan secara formal dana yang terkumpul dari Baznas se Jatim. Acara itu akan dihadiri oleh Bapak Wakil Presiden RI,” pungkasnya. (mas)

baca juga :

Optimalkan Dana Desa untuk Penurunan Kemiskinan, Jatim Maksimalkan Pendampingan P3MD

Redaksi Global News

Sungai Bengawan Njero Meluap, 26 Desa Tergenang Lagi

Redaksi Global News

Erupsi Semeru, Bupati Terima Bantuan Kemanusiaan dari Kalemdiklat Polri

Redaksi Global News