Global-News.co.id
Politik Utama

Kapolri Ungkap Jawa Timur Termasuk Daerah Rawan Saat Pemilu 2024

Kapolri saat Deklarasi Pemilu Damai di Mapolda Jatim, Surabaya, Kamis (28/12/2023)

SURABAYA (global-news.co.id) – Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo mengungkapkan Jawa Timur menjadi salah satu daerah rawan saat pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

“Awalnya Jatim termasuk yang sangat rawan, namun saat ini sudah berubah menjadi rawan, dan juga wilayah Papua menjadi salah satu yang sangat rawan dan kita lihat perkembangannya,” kata Kapolri saat Deklarasi Pemilu Damai di Mapolda Jatim, Surabaya, Kamis (28/12/2023).

Kapolri menjelaskan secara khusus indeks kerawanan yang dibuat oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) tersebut terus berubah sesuai dengan perkembangan dinamika yang ada.

“Yang paling penting kita tidak boleh under estimate. Oleh karena itu untuk menghadapi situasi seperti itu pentingnya selalu mengimbau masyarakat menjaga persatuan dan kesatuan,” kata jenderal bintang empat itu.

Untuk itu, kata Sigit, kegiatan deklarasi ini menjadi hal yang penting mengingat pesta demokrasi tinggal dua bulan lagi.

“Kami selalu ingatkan perbedaan yang ada itu jangan kemudian membuat menjadi suatu pengesahan. Jadi perbedaan itu adalah bagian dari demokrasi, bagian dari hak dan tentunya kita harus sama-sama hormati dan itu juga tentunya merupakan dari bagian keberagaman dari demokrasi yang harus kita jaga,” tuturnya.

Menurut dia jika pemilu bisa berjalan aman dan damai, maka demokrasi kita akan menjadi demokrasi yang baik dan mapan karena persatuan dan kesatuan itu menjadi modal utama bagi siapa pun pemimpinnya nanti untuk melanjutkan program program pembangunan nasional demi kesejahteraan rakyat.

“Kita menghadapi bonus demografi, di mana momentum ini harus betul-betul bisa dimanfaatkan dengan baik, dan saya kira semuanya sepakat bahwa persatuan dan kesatuan menjadi hal yang harus selalu dijaga,” ujarnya.

“Karena ini kekuatan kita kekuatan bangsa kita dan ini harus kita jaga dan kita kelola sebagai energi untuk menghadapi Indonesia ke depan lebih baik,” tambah Sigit.

Sementara Kapolda Jawa Timur Irjen Pol. Imam Sugianto, mengatakan deklarasi pemilu damai yang digelar pada Kamis ini dimaknai sebagai momentum yang tepat mengingat pelaksanaan Pemilu 2024 yang semakin dekat.

“Momen ini sekaligus kita manfaatkan untuk menyosialisasikan kepada masyarakat untuk bersama-sama menyukseskan tahapan berikutnya yaitu tahapan pemungutan suara tanggal 14 Februari 2024,” imbuhnya. (ntr, fan)

baca juga :

Gubernur Khofifah Gelar Tadarus Online dan Libatkan Semua OPD Pemprov Jatim

Redaksi Global News

Unggulan Putri Berguguran, Sabalenka Selamat di Australian Open

Redaksi Global News

Kini Tracing Pasien Covid-19 Libatkan Staf Seluruh PD Pemkot Surabaya

Titis Global News