Global-News.co.id
Sport TNI Utama

Piala Dunia U-17: Bakal Disaksikan Jokowi, Timnas Diharapkan Tampil Optimal

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir berharap Timnas U-17 bisa memberikan penampilan terbaik

JAKARTA (global-news.co.id) – Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), Erick Thohir berharap Timnas U-17 bisa memberikan penampilan terbaik terutama pada laga pertama melawan Ekuador, karena bakal disaksikan langsung Presiden Joko Widodo.

“Kita berharap timnas dengan segala persiapan ketika menghadapi Ekuador tidak beban mental karena ini disaksikan oleh Bapak Presiden,” kata Erick saat jumpa pers di media center Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (10/10/2023).

Erick meminta agar Timnas U-17 bisa tampil sebaik mungkin dengan bermain lepas tanpa ada tekanan ketika berada di lapangan hijau pada laga Piala Dunia tersebut.

Erick, yang namanya mencuat menjadi calon Wakil Presiden (Cawapres) terkuat, juga meminta kepada Tim Garuda Muda agar disiplin dalam menjaga formasi baik bertahan maupun menyerang dalam laga Kejuaraan Dunia U-17.

Menurut pria yang juga menjabat Menteri BUMN ini, hal tersebut penting diperhatikan bagi para Timnas U-17 sebagai bagian dari upaya untuk memastikan tim Garuda Muda dapat tampil baik.

“Dan kita harap mereka bermain lepas, tapi tetap jaga formasi pertahanan dan penyerangan, harus disiplin karena lawan-lawan jauh lebih kuat,” katanya.

Ia berharap Timnas U-17 Indonesia tidak memandang enteng lawan di grup A baik Ekuador, Panama, dan Maroko. Menurutnya semua tim peserta Piala Dunia U-17 memiliki kualitas dan potensi yang harus diwaspadai.

Erick juga menegaskan, penting bagi timnas U-17 untuk tetap fokus dan bermain dengan semangat kompetitif tinggi di setiap pertandingan karena tak ada lawan yang boleh dianggap remeh.

“Termasuk Panama jangan dilihat sebelah mata ya. Tentu kita fokus Ekuador, Panama, terus Maroko yang memang standar Eropa, tapi kan nggak tahu bola bundar,” kata Erick.

Timnas U-17 saat ini tengah melakukan pemusatan latihan di Jerman jelang Piala Dunia U-17. Beberapa uji coba sudah dilakoni oleh Iqbal Gwijangge dan kolega selama berada di Jerman.

Erick mengatakan, pemain Garuda Muda akan tiba di Indonesia dua minggu sebelum laga pertandingan Piala Dunia U-17 dimulai, sehingga bisa kembali beradaptasi dengan kondisi suhu di tanah air.

Piala Dunia U-17 2023 akan digelar pada 10 November-2 Desember 2023 di empat stadion meliputi Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara di Stadion Si Jalak Harupat (SJH), Kabupaten Bandung di Stadion Manahan Solo, dan Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya.

Sebanyak 24 negara akan bersaing di turnamen dunia kelompok umur ini. Pada fase penyisihan grup, Indonesia yang berada dalam Grup A harus berjuang dalam tiga pertandingan di babak penyisihan grup melawan Ekuador, Panama, dan Maroko untuk dapat lolos ke babak 16 besar.

Berikut hasil final drawing FIFA U-17 World Cup Indonesia 2023.

Grup A : Indonesia, Ekuador, Panama, Maroko

Grup B : Spanyol, Kanada, Mali, Uzbekistan

Grup C : Brasil, Iran, Kaledonia Baru, Inggris

Grup D : Jepang, Polandia, Argentina, Senegal

Grup E : Prancis, Burkina Faso, Korea Selatan, Amerika Serikat

Grup F : Meksiko, Jerman, Venezuela, Selandia Baru

Jadwal Timnas Indonesia U-17

– 10 November Timnas Indonesia U-17 vs Ekuador (Gelora Bung Tomo/Pukul 19.00 WIB)

– 13 November Timnas Indonesia U-17 vs Panama (Gelora Bung Tomo/Pukul 19.00 WIB); dan

– 16 November Maroko vs Timnas Indonesia U-17 (Gelora Bung Tomo/Pukul 19.00 WIB). (ntr, ins)

baca juga :

Pendidikan Polwan Bantu Putri KW Bersiap ke Kejuaraan Dunia 2022

Redaksi Global News

Mbah Mardi Semangat Ada TMMD 111 Kodim 0817 Gresik Tahun 2021

gas

Pemkab Pamekasan Beri Beasiswa Pada 20 Mahasiswa Fakultas Kedokteran Unair

gas