Global-News.co.id
Gresik-Sidoarjo-Mojokerto Pendidikan Utama

Optimalkan Poskestren, Wujudkan Santri Sehat

SERAH TERIMA: Pengasuh Ponpes Manba’ul Hikam Gus Bahron saat menerima bantuan produk kesehatan plossa.

SIDOARJO (global-news.co.id) – Pola hidup sehat memang sangat penting diterapkan di Pondok Pesantren. Dengan cara itu, masyarakat pesantren seperti santri bisa menjalani kegiatan sehari-hari seperti mengaji dengan tubuh yang sehat.

Hal ini Pondok Pesantren Manba’ul Hikam yang beralamat di Desa Putat, Kec. Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo, dengan mengoptimalkan Pos Kesehatan Pesantren (Poskestren) dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada santri. “Jika ada santri yang sakit, penanganan pertama di Poskestren dulu. Jika sakitnya parah, dirujuk ke RSUD,” tutur salah satu pengasuh Pondok Pesantren Manbaul Hikam, H M Bahron Nafi’ saat menemui rombongan PT Enesis Group yang hendak menyerahkan program corporate social responsibility (CSR) berupa produk kesehatan aroma therapy Plossa, Selasa (10/10/2023).

Menurutnya, keberadaan poskestren sangatlah penting bagi pesantren, terutama untuk menyakinkan kepada pada masyarakat, agar tidak khawatir menempatkan putra-putrinya di pesantren terutama dalam persoalan kesehatan. “Alhamdulillah, perawatnya di sini (Poskestren) alumni pesantren Mahika (Manbaul Hikam) sendiri,” terang Gus Bahron sapaan akrabnya.

GEMBIRA: Para santri Manba’ul Hikam terlihat senang usai menerima plossa dari Enesis Group.

Ia menambahkan, fasilitas kesehatan di poskestren juga terus ditingkatkan. Mengingat, kondisi kesehatan di lingkungan Pondok Pesantren pada umumnya masih memerlukan perhatian yang lebih, termasuk dalam berperilaku sehat. Karenanya, pada saat pandemi covid-19 beberapa waktu lalu, pihak pesantren melalui poskestren menggelar vaksinasi sendiri.

“Waktu itu, sebanyak 110 Orang mendapat vaksin dosis pertama. Mereka adalah santri dan dewan pengasuh,” ujar Gus Bahron.

Karenanya, lanjut Gus Bahron, support produk kesehatan plossa dari Enesis Group sangat tepat disalurkan di pesantren, seperti Ponpes Manbaul Hikam ini. “Produk ini cukup pas diberika ke santri. Selain untuk mencegah penyakit, seperti batuk dan flu, produk ini juga sangat cocok untuk santri. Ya untuk pijat-pijatan,” tuturnya.

BERBAUR: Brand Activation Executive Enesis Group Jawa Timur, Latif berbaur dengan para santri

Hal ini diamini Brand Activation Executive Enesis Group Jawa Timur, Latif Hendra Sukmana. Ia menjelaskan, produk kesehatan plossa yang disalurkan Enesis Group dapat melindungi kesehatan para santri, dan ustadz selama beraktivitas di luar rumah atau pesantren, terutama saat menghadapi cuaca ekstrem seperti saat ini.

“Dengan cuaca seperti saat ini, masyarakat sangat rentan terserang penyakit, seperti demam, flu, batuk dan penyakit yang lain. Nah, Plossa bisa menjadi solusinya,” kata Latif.

Selain mencegah penyakit musiman, kata Latif, Plossa juga dapat digunakan sebagai alat relaksasi tubuh dan pikiran, terutama yang sering stres, kurang tidur, pegal-pegal, sakit kepala, atau yang butuh kerokan. “Salah satu fungsi Plossa itu Pikerolin, yakni pijat, kerok, roll on, dan inhaler,” tutur Latif saat menjelaskan manfaat Plossa kepada para santri. (sir)

baca juga :

Tahun 2022, Pemkab Sidoarjo Bagi-bagi 2.000 Beasiswa Kuliah

Redaksi Global News

Machfud Arifin Diprediksi Bakal Cawali Surabaya Pertama Dapat Tiket

gas

Layanan Adminduk Terintegrasi dengan PN Surabaya, Kini Urus 18 Jenis Kependudukan Cukup di Kelurahan

Titis Global News