Global-News.co.id
Politik Utama

Kirab Pemilu 2024 Antar Provinsi, KPU se-Jatim Arak-arakan ke Sragen

SRAGEN (global-news.co.id) – Ketiga-kalinya, Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur (KPU Jatim) menyerahkan bendera Kirab Pemilu Tahun 2024. Kali ini Sabtu (7/10/2023) bendera diserahkan ke KPU Kabupaten Sragen Provinsi Jawa Tengah melalui KPU Kabupaten Ngawi.

Sebelumnya, KPU Jatim telah dua kali melakukan penyerahan antar provinsi. Pertama, ke KPU Kabupaten Gunung Kidul Daerah Istimewa Jogjakarta pada 24 Juli 2023 melalui KPU Kabupaten Pacitan. Sedangkan kedua, ke KPU Kabupaten Blora Jawa Tengah pada 24 Agustus 2023 melalui KPU Kabupaten Bojonegoro.

Seperti sebelumnya, penyerahan dilakukan bersama dengan KPU Kabupaten/Kota se-Jawa Timur. Total sebanyak 150 orang dengan kendaraan berjumlah 52 bergerak arak-arakan dari titik pemberangkatan. Tepatnya di Halaman Kepatihan Ngawi, Jl. Patiunus Ngawi pada pukul 10.00 WIB.

Berikutnya, pada pukul 11.30 WIB rombongan tiba di rest area Mantingan untuk menikmati makan siang sekaligus ramah tamah. Tepat di gapura perbatasan provinsi, KPU Jatim melakukan pelepasan kirab bendera pemilu 2024 menuju Sragen. Yang istimewa, pelepasan ditandai dengan menerbangkan 99 ekor burung perkutut.

Saat proses serah terima, Ketua KPU Jatim Choirul Anam menyampaikan bahwa KPU Jatim telah melaksanakan proses kirab di Jalur V selama 48 hari dengan melewati 6 kabupaten/kota.

“Kami menerima kirab jalur V dari Makassar Sulawesi Selatan pada 20 Agustus 2023 lalu. Selama kurun waktu tersebut, KPU Jatim telah melakukan berbagai kegiatan di sekolah maupun kampus, juga berbagai atraksi budaya yang ditampilkan,” kata Anam.

Berbagai kegiatan tersebut menurut Anam selain untuk sosialisasi dan pendidikan pemilih juga sebagai sarana merekatkan seluruh komponen bangsa sekaligus meningkatkan partisipasi pemilih secara aktif.

Ia melanjutkan, bahwa KPU Jatim masih akan menyerahkan satu kali lagi bendera kirab Pemilu ke Jateng. “Kita masih ada jalur VI yang akan kami serahkan ke Kabupaten Wonogiri dari Kabupaten Magetan pada 30 Oktober besok,” ujar Anam.

Sementara Ketua KPU Jateng Handi Tri Ujiono berharap dengan adanya kirab Pemilu 2024 ini dapat mewujudkan demokrasi yang subtansial.

Prosesi serah terima terlaksana dengan lancar. Tampak Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati hadir bersama jajaran forum koordinasi pimpinan daerah (forkopimda) Sragen, serta perwakilan 18 partai politik peserta pemilu tingkat kabupaten/kota. Ia berkesempatan memberikan sambutan sekaligus menandatangani deklarasi pemilu sebagai sarana integrasi bangsa.

Senada dengan komitmen tersebut, Kusdinar mengajak seluruh perwakilan partai politik untuk siap berkompetisi dan menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Insyaallah di bawah pengawalan Kepolisian, Dandim, dan segenap forkopimda, Pemilu 2024 akan terlaksana dengan tertib dan lancar. Serta 80 persen kehadiran pemilih akan terwujud,” tegas Kusdinar.

Perlu diketahui, sehari sebelumnya pada 6 Oktober 2023, KPU Jatim mengawali rangkaian agenda ini dengan menyelenggarakan rapat koordinasi sosialisasi dan pendidikan pemilih dalam rangka antisipasi hoaks, ujaran kebencian, SARA, dan politik uang di Bakorwil I Madiun, Jl. Pahlawan No.31 Kota Madiun.

Hadir dari KPU Jatim selain Anam, Anggota Gogot Cahyo Baskoro, Rochani, Athoillah, Sekretaris Nanik Karsini, Kebag Teknis Penyelenggaraan Pemilu, Partisipasi, dan Hubungan Masyarakat (Tekparhupmas) Yulyani Dewi, serta jajaran staf terkait.

Sementara dari kabupaten/kota hadir masing-masing Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM dan Kasubbag Tekparhupmas/Operator Media Sosial. (*)

baca juga :

Mantan Pelatih Thailand Sebut Cara Main Timnas Indonesia Dibenci Thailand

Redaksi Global News

HPN 2021, DPRD Jatim Berharap Sinergitas dengan Pers Terjaga

gas

Polresta Sidoarjo Ikuti Peringatan Hari Lahir Pancasila Secara Virtual

gas