Global-News.co.id
Sport Utama

Kejuaraan Bulutangkis Dunia Junior: Alwi Farhan Raih Juara

Alwi Farhan meraih juara pada Kejuaraan Bulutangkis Dunia Junior 2023 di Washington, Senin (9/10) pagi WIB.

JAKARTA (global-news.co.id) – Pebulutangkis muda Alwi Farhan sukses mengalahkan Hu Zhe An dengan skor 21-19, 19-21, 21-14 pada final Kejuaraan Dunia Junior 2023 di Washington, Senin (9/10) pagi WIB.

Saat permainan dimulai, Alwi lebih sering tertinggal dalam perolehan angka dari Hu Zhe An. Alwi bahkan sempat tertinggal delapan poin dari Hu Zhe An.

Namun situasi itu tak membuat Alwi menyerah dengan cepat. Perlahan tetapi pasti, ia mulai menemukan ritme permainan yang baik.

Serangan-serangan dari Alwi berbuah poin demi poin. Alhasil kedudukan imbang pada angka 16-16.

Rentetan poin Alwi terhenti di permainan berikutnya. Pukulannya terlalu memanjang sehingga keluar lapangan. Hu Zhe An kembali memimpin 17-16.

Alwi lalu berhasil menyamakan kedudukan lewat adu drive yang berhasil ia menangkan. Skor kembali imbang, 17-17.

Reli sengit di permainan berikutnya dimenangkan oleh Hu Zhe An. Setelah memalui reli sengit, smes keras Hu Zhe An berbuah poin. 18-17 untuk Hu Zhe An.

Alwi lalu menunjukkan respons bagus dengan merebut poin beruntun. Ia sukses menekan Hu Zhe An dan mendapat game point pada kedudukan 20-18.

Game point pertama Alwi berhasil digagalkan oleh Hu Zhe An. Namun kegagalan Hu Zhe An dalam adu drive mengantar Alwi menang 21-19 di gim pertama.

Memasuki gim kedua, Hu Zhe An bisa memulai laga dengan baik. Ia memimpin 3-0 dan berlanjut menjadi 7-1. Interval gim pertama lalu ditutup oleh Hu Zhe An dengan keunggulan 11-3.

Selepas interval, Alwi berupaya memberikan perlawanan yang lebih baik. Selisih angka sempat menipis ke enam poin pada kedudukan 7-13. Namun setelah itu smes Alwi melebar sehingga Hu Zhe An mendapat tambahan poin berikutnya.

Walaupun sempat membuang kesempatan meraih poin, Alwi menunjukkan permaianan yang makin baik. Alwi meraih tiga poin beruntun dan membuat skor menjadi 10-14. Ames keras Alwi ke sisi forehand Hu Zhe An tidak bisa dikembalikan.

Sayangnya netting Alwi pada permainan berikutnya gagal menyeberang. Hu Zhe An menambah poin berikutnya, 15-10.

Alwi terus berusaha menekan Hu Zhe An. Ia mendapat dua poin beruntun dan skor menjadi 12-15. Netting Hu Zhe An yang tidak melewati net jadi poin berikutnya bagi Alwi, 13-15.

Pada kedudukan tersebut, Hu Zhe An meminta medical break. Setelah permainan dilanjutkan, Alwi sukses memenangkan duel di depan net. Selisih poin tinggal satu angka, 14-15.

Skor akhirnya imbang di angka 15-15 setelah pukulan Hu Zhe An keluar. Alwi lamngsung memanfaatkan momentum dengan baik di kesempatan berikutnya. Pukulan Hu Zhe An yang gagal membuat Alwi memimpin untuk pertama kalinya di kedudukan 16-15.

Hu Zhe An sempat membalas dan menyamakan skor menjadi 16-16. Namun Alwi bisa kembali memimpin 17-16 lewat pukulan ke arah baseline.

Pertandingan makin menegangkan karena Hu Zhe An bisa menyamakan kedudukan di angka 17-17. Alwi membalas di poin berikutnya lewat penempatan shuttlecock di depan net.

Poin bagi Alwi kembali bertambah dan selisih angka menjadi dua di kedudukan 19-17. Hu Zhe An lalu memberikan balasan dan merebut tiga poin beruntun dan meraih game point di angka 20-19. Hu Zhe An langsung menyelesaikan pertandingan setelah pukulan Alwi keluar. 21-19 untuk Hu Zhe An.

Kalah menyesakkan di gim kedua tidak membuat mental Alwi goyah. Ia berhasil memulai gim ketiga dengan baik Alwi sukses memimpin lima angka dan unggul 7-2.

Namun Hu Zhe An kemudian berhasil memberikan perlawanan sengit. Hu Zhe An bisa memperkecil ketinggalan menjadi dua angka pada kedudukan 7-9.

Alwi akhirnya berhasil menghentikan poin beruntun Hu Zhe An. Smes keras Alwi ke arah backhand tidak bisa dikembalikan dengan baik. Setelah itu Alwi bisa memimpin 11-7 lewat kemenangan di duel net.

Selepas interval, smes silang Alwi mengawali permainan. Ia unggul 12-7.

Alwi terus mempertahankan keunggulan. Performa Alwi yang impresif membuatnya memperlebar selisih menjadi enam angka pada kedudukan 17-11. Alwi lalu memimpin 18-12 lewat backhand smash yang ia lepaskan di depan net.

Hu Zhe An kemudian merebut dua poin beruntun sehingga skor menjadi 14-18. Namun Alwi bisa mencetak poin ke-19 setelah pukulan Hu Zhe An gagal menyeberang.

Pukulan Hu Zhe An yang keluar membuat Alwi meraih match point di angka 20-14. Alwi sukses memastikan kemenangan di kesempatan pertama. 21-14 untuk Alwi.

Pada pertandingan sebelumnya, Chiara Marvella Handoyo harus mengakui keunggulan Pitchamon Opatniputh dengan skor 11-21, 9-21. (cnn, ins)

 

baca juga :

Festival Musik Surabaya Hebat: Dishub Siapkan 13 Lokasi Parkir

Minus Playmaker Juninho, PSS Tetap Optimistis Lawan Borneo FC

Redaksi Global News

Singapura Denda Warganya yang Keluar Rumah Tanpa Masker

Redaksi Global News