Global-News.co.id
Nasional TNI Utama

Jokowi Pimpin Upacara HUT ke-78 TNI di Monas

JAKARTA (global-news.co.id) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Inspektur Upacara dalam perayaan Hari Ulang Tahun ke-78 TNI yang digelar di lapangan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Kamis (5/10/2023).

Presiden Jokowi tiba di lokasi upacara didampingi oleh istrinya Iriana Joko Widodo pada pukul 07.58 WIB. Di belakang Presiden, kemudian Wakil Presiden Ma’ruf Amin yang juga didampingi istri Wury Ma’ruf Amin memasuki tempat upacara.

Tampak Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, dan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo turut mendampingi Presiden dan Wapres.

Selanjutnya, upacara dimulai dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya.

Peringatan HUT TNI pada tahun ini mengangkat tema “TNI Patriot NKRI Pengawal Demokrasi untuk Indonesia Maju”.

Jokowi selanjutnya naik ke mimbar upacara sekitar pukul 08.04 WIB. Dia didampingi Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono dan para kepala staf angkatan tiga matra.

Kemudian, Jokowi naik ke tank Korps Marinir untuk memeriksa pasukan upacara. Prosesi upacara dilanjutkan dengan mengheningkan cipta.

Bertindak selaku Komandan Upacara dalam upacara peringatan HUT ke-78 TNI adalah Mayjen TNI Choirul Anam yang saat ini menjabat Pangdiv Infanteri 3/Kostrad.

Setelah itu, rangkaian acara dilanjutkan dengan pengucapan Sapta Marga oleh Kolonel Inf Sigid Hengki Purwanto, Kolonel Laut (P) Sandy Kurniawan, Kolonel Pas Dili Setianto.

Dalam upacara ini, Jokowi dijadwalkan akan memberikan tanda kehormatan yang diberikan kepada perwakilan penerima tanda kehormatan yakni Mayjen TNI Legowo WR Jatmiko, (Pangdam XIII/Merdeka), Mayjen TNI (Mar) Markos, (Assisten Potensi Maritim Kasal) dan Marsda TNI Andi Kustoro, (Panglima Komando II).

Hingga saat ini, upacara HUT TNI masih berlangsung di Monas. TNI menyiapkan ragam atraksi dan pertunjukan dalam upacara itu, termasuk di antaranya parade alutsista dan pasukan.

Setidaknya ada 4.630 prajurit TNI dan 130 alutsista dari tiga matra yang terlibat dalam Upacara Parade dan Defile HUT Ke-78 TNI.

TNI juga menyiapkan atraksi udara yang diawali dengan aksi terjun payung dari 78 prajurit TNI dan anggota Polri, kemudian manuver Jupiter Aerobatic Team (JAT) TNI AU yang menerbangkan pesawat latih KT-1B Wongbee, bersama Tim Dynamic Pegasus TNI AU, yang menerbangkan helikopter Colibri.

Perayaan HUT TNI ini juga akan dimeriahkan dengan “defile” pasukan dan parade puluhan kendaraan tempur dan alat sistem persenjataan utama (alutsista) yang rencananya berparade dari Monas menuju Bundaran HI. (ntr)

baca juga :

Tak Peroleh Izin, Laga Persebaya Vs Persikabo Batal Digelar

Redaksi Global News

Perkuat Fungsi Komunikasi, Pertagas Gelar Media Gathering di Surabaya

TMMD 111 Kodim 0817 Gresik Fokus RTLH

gas