Global-News.co.id
Kesehatan Utama

Diwakili BKR Blambangan, BKKBN Jatim Juara I BKR Percontohan Tingkat Nasional

Ketua Kelompok BKR Blambangan Banyuwangi, Yulianingtyas (kiri) dan Kepala Perwakilan BKKBN Jatim, Maria Ernawati, memamerkan penghargaan yang diraih

SEMARANG (global-news.co.id) – Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jawa Timur meraih predikat Juara I Bina Keluarga Remaja (BKR) Percontohan dalam even Apresiasi BKR Percontohan tingkat Nasional yang digelar BKKBN di Semarang. Kemenangan itu diumumkan saat opening ceremony Apresiasi Duta GenRe (Generasi Berencana) dan Jambore Ajang Kreativitas Remaja 2023, Minggu (29/10/2023).

Di ajang lomba BKR Percontohan yang diikuti seluruh perwakilan Provinsi di Indonesia, BKKBN Jatim diwakili BKR Blambangan, Kelurahan Mojopanggung, Kecamatan Giri, Kabupaten Banyuwangi.

Kepala BKKBN, dr Hasto Wardoyo SpOG, pada kesempatan membuka kegiatan itu mengatakan, pihaknya optimistis keberadaan Generasi Berencana ini akan membawa masa depan Indonesia yang lebih cerah, lebih sejahtera. “Ditambah keberadaan Bina Keluarga Remaja yang telah memberikan pemahaman dan perencanaan kehidupan berkeluarga bagi remaja,” ujarnya.

Kepala BKKBN juga menyampaikan apresiasi atas tekad para remaja untuk tidak menikah di usia muda, tidak melakukan hubungan seks sebelum menikah, dan juga tidak mau menggunakan narkotika dan zat adiktif berbahaya. “Ini luar biasa, karena ketika ketiganya ini dilakukan, maka adik-adik akan menjadi generasi yang unggul untuk Indonesia Emas,” tambahnya.

Apresiasi Duta GenRe dan Jambore Ajang Kreativitas (ADUJAK) Remaja tingkat nasional merupakan ajang rutin yang digelar setiap tahun. Kegiatan yang mempertemukan remaja usia 16-22 tahun dan digelar sejak 2010 ini sebagai wujud komitmen BKKBN dan GenRe untuk meningkatkan kualitas remaja Indonesia. Dalam ADUJAK ke-13 yang digelar 28 Oktober-1 November 2023 ini, Provinsi Jatim mengirimkan sebanyak 15 remaja.

Kepala Perwakilan BKKBN Jatim, Dra Maria Ernawati MM, mengaku bangga atas pencapaian penghargaan yang diraih kelompok BKR Blambangan, Banyuwangi. “Selamat dan sukses atas prestasi yang diraih kelompok BKR Blambangan. Hal yang sangat membanggakan dan membahagiakan. Dan tentu prestasi ini akan menumbuhkan semangat dan motivasi bagi kelompok BKR lain di Jawa Timur,” ujarnya.

Dia menambahkan, apresiasi ini merupakan sebuah perjuangan dalam pengelolaan Program Bangga Kencana serta untuk mewujudkan kepedulian dan tanggungjawab orang tua dalam membimbing dan mengarahkan anak dan remaja melalui interaksi yang harmonis. “Serta melalui implementasi modul 1001 cara bicara orang tua dengan remaja,” pungkas Erna.
Puncak ADUJAK Remaja ini nantinya akan dilaksanakan di Taman Indonesia Kaya, Kota Semarang. (ret)

baca juga :

Nutriva, Aplikasi Makanan Sehat Karya Mahasiswa ITS

Redaksi Global News

Menko Puan: Penanganan Stunting Butuh Keterlibatan Semua Pihak

Redaksi Global News

Kwarcab Lumajang Peroleh Bantuan 2.000 Dosis Vaksin

Redaksi Global News