Global-News.co.id
Metro Raya Pendidikan Utama

Satpol PP Surabaya Sisir Pelajar Bolos Sekolah di Warkop hingga Taman

Satpol PP Kota Surabaya menyisir pelajar bolos sekolah di warkop hingga taman sebagai antisipasi dan pencegahan dini terhadap kenakalan remaja

SURABAYA (global-news.co.id) – Satuan Polisi Pamong Praja Kota Surabaya, Jawa Timur, menyisir pelajar bolos sekolah di warung kopi (warkop) hingga taman sebagai antisipasi dan pencegahan dini terhadap kenakalan remaja.

“Kami terus menyisir anak-anak yang bolos sekolah atau di waktu sekolah mereka tidak ada di tempat. Itu kemudian kami melakukan pembinaan kepada anak-anak itu,” kata Kepala Satpol PP Kota Surabaya M. Fikser, Senin (18/9/2023).

Menurut dia, menyisir pelajar bolos sekolah tidak hanya dilakukan di warung kopi (warkop) atau tempat-tempat fasilitas umum, seperti taman, tetapi dilakukan di lokasi yang terindikasi digunakan para pelajar untuk bolos sekolah.

“Baik yang nongkrong di warung kopi, tempat game daring atau taman, semua kami sisir. Apalagi sampai mereka melakukan minum-minuman keras, itu kami akan amankan kemudian membawa mereka ke Kantor Satpol PP untuk dilakukan pembinaan,” katanya.

Pembinaan pelajar bolos sekolah ini, kata dia, sebagai salah satu upaya pencegahan dini terhadap kenakalan remaja. Melalui langkah ini, katanya. diharapkan para pelajar tidak melakukan kenakalan remaja yang berlebihan.

“Setelah kami amankan ke Kantor Satpol PP maka kami panggil orangtua dan gurunya. Kemudian kami lakukan pembinaan. Jadi sejak dini kami lakukan pembinaan, jangan sampai mereka melakukan kenakalan remaja berlebih,” ujar dia.

Selain memberikan pembinaan pelajar bolos sekolah, Fikser menuturkan, pihaknya terus menggencarkan Program Satpol PP “Goes to School”. Melalui program ini diharapkan dapat mengantisipasi tawuran, balap liar hingga kenakalan remaja khususnya di kalangan pelajar sekolah.

“Implementasinya kami bantu Duta Trantibum yang dibentuk Satpol PP di sekolah. Kami bantu mereka dari sisi luar, menjaring teman-teman mereka yang jam sekolah bolos atau tidak sekolah supaya mereka tidak melakukan tindakan di luar kewajiban mereka,” katanya.

Di sisi lain, Fikser mengimbau masyarakat apabila menemukan kumpulan pelajar yang bolos sekolah agar melaporkan ke Command Center 112. Saat para pelajar beralasan masuk siang, kata dia, pihaknya tentu akan mengkonfirmasi kebenarannya ke pihak sekolah.

“Kami tentu konfirmasi ke pihak sekolah benar tidak mereka itu masuk siang atau tidak sekolah. Dengan kedekatan seperti itu, kami ingin Satpol PP menjadi sahabat mereka, bukan musuh. Kami ajak mereka untuk kemudian agar tidak bolos sekolah,” ucapnya. (pur)

baca juga :

Kemenag Lepas 419 Orang Berangkat Ibadah Umrah

Redaksi Global News

GP Ansor dan Aice Group Perkuat Pesantren dan Masyarakat Ekonomi Lemah Melawan COVID-19

Redaksi Global News

Ditinggalkan Penggemar, Ludruk Surabaya Terancam Punah