Global-News.co.id
Sport Utama

Sambut Piala Dunia U-17, Pemkot Surabaya Siap Pasang Pernak-pernik

Pemkot Surabaya siap bersolek dalam menyambut gelaran Piala Dunia U-17 di Kota Pahlawan

SURABAYA (global-news.co.id) – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya siap memasang pernak-pernik untuk menyambut even kejuaraan sepakbola Piala Dunia U-17 di sejumlah titik area publik yang ada di wilayah setempat.

“Jadi kalau maskot, yang pasti kami letakkan di pertokoan, mall, tempat wisata,” kata Walikota Surabaya Eri Cahyadi di lingkungan balai kota setempat, Sabtu.

Pemasangan pernak-pernik Piala Dunia U-17 juga untuk menyemarakkan gelaran, sebab pertandingan Tim Nasional Indonesia U-17 sepenuhnya ditempatkan di Kota Surabaya.

Kepastian itu muncul setelah undian pembagian grup turnamen sepakbola dunia itu. Tim Garuda Muda tergabung di grup A bersama Ekuador, Panama, dan Maroko.

Pertandingan tersebut digelar di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya. “Setelah tanggal 15 September pengumuman pembagian grup, baru boleh digebyar, maskot ditaruh di mall atau lainnya itu boleh semua,” ujarnya.

Selain itu penempatan hiasan ikonik Piala Dunia U-17, Pemkot Surabaya juga menggodok kejuaraan sepakbola tingkat kelurahan, yang dikhususkan bagi anak-anak di kota setempat.

Eri menyebut turnamen kelompok umur itu tak hanya sebatas gebyar piala dunia, namun untuk mencari bibit pesepakbola muda.

“Peserta dari Surabaya sendiri sehingga memunculkan talenta dan bakat muda tingkat RW. Karena kami mengadakan perlombaan per kelurahan,” ucapnya.

Teknis pelaksanaan turnamen sedang didetailkan, gambaran awalnya kejuaraan tingkat kelurahan itu bisa rampung sebelum Piala Dunia U-17 usai.

“Kami hitung jangan sampai waktunya piala dunia belum selesai, jadi sebelum piala dunia diumumkan sudah ada pemenangnya,” kata dia.

Dia juga berharap pelaksanaan Piala Dunia U-17 bisa memberikan dampak signifikan bagi roda ekonomi pelaku usaha di Surabaya. “Kita bergerak mengembangkan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM),” tuturnya.

Diberitakan sebelumnya, Ketua Umum PSSI Erick Thohir memastikan, upacara pembukaan Piala Dunia U-17 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya pada 10 November mendatang, berlangsung meriah.

Tim Garuda Muda memulai laga pada 10 November 2023 dengan menjamu Timnas Ekuador U-17.

Turnamen yang akan berlangsung pada November itu akan menjadi edisi ke-19 dari Piala Dunia U-17, yang kali pertama diselenggarakan pada 1985.

Indonesia menjadi satu-satunya debutan, berkat statusnya sebagai tuan rumah, dari total 24 negara peserta. (ntr, pur)

baca juga :

SIG dan BNI Jalin Kerjasama Solusi Digital Value Chain untuk Mitra SIG

Titis Global News

Mulai Besok, Gratis Paket Sembako untuk 75 Pembeli Pertama Lumbung Pangan Jatim Selama 17 Hari

Redaksi Global News

Januari – September 2020, SIG Catatkan Kenaikan Laba Bersih Sebesar 19,1%

Redaksi Global News