Global-News.co.id
Sport Utama

Liga 1: Persebaya Kalahkan Arema FC dalam Derbi Jatim

Persebaya mengalahkan Arema FC dengan skor 3-1 pada laga bertajuk derbi Jawa Timur

SURABAYA (global-news.co.id) – Tim Persebaya Surabaya mengalahkan Arema FC dengan skor 3-1 pada laga bertajuk derbi Jawa Timur pada pekan ke-13 Liga 1 Indonesia musim 2023/2024 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, Sabtu (23/9/2023) sore.

Gol Persebaya dicetak oleh Bruno Moreira pada menit ke-27, Dusan Stevanovic menit ke-45+5 dan Ze Valente menit ke-50. Sedangkan, satunya-satunya gol dari Arema FC dicetak oleh Dedik Setiawan pada menit ke-65.

Dari hasil pertandingan tersebut, klub kebanggaan Arek-Arek Suroboyo tersebut naik ke peringkat lima dalam klasemen sementara dengan poin 21, sementara Singa Edan masih berada di peringkat ke-16.

Jalannya pertandingan di awal babak pertama, kedua tim bermain dengan tempo sedang. Namun, hingga menit ke-10 klub yang berjuluk Bajul Ijo tersebut mengurung pertahanan Arema FC.

Persebaya mendapat peluang pertama melalui Ze Valente pada menit ke-17, melalui tendangan bebas jarak jauh, namun berhasil ditepis oleh kiper Arema FC Julian Garcia Schwarzer.

Arema FC yang mengandalkan serangan balik membuat peluang pada menit ke-20 melalui Charles Almeida dari tendangan bebas namun bisa ditepis oleh penjaga gawang Persebaya Andika Ramadhani.

Semenit kemudian, giliran Persebaya melalui Paulo Victor mendapat peluang juga, tetapi tendangannya melambung tipis di atas mistar gawang klub yang berjuluk Singa Edan itu.

Persebaya bisa unggul pada menit ke-26 melalui sepakan keras Bruno Moreira. Berawal kesalahan yang dibuat oleh pemain belakang Arema FC, dan Bruno berhasil merebutnya kemudian melesakkan bola ke gawang sebelah kiri pojok penjaga gawang Arema FC.

Skor sementara berubah menjadi 1-0, keunggulan untuk tuan rumah.

Pada menit ke-34, pemain Arema FC Dedik Setiawan membuat peluang melalui tendangannya, tapi digagalkan oleh Arief Catur yang berdiri di depan gawang.

Pada menit ke-39, gelandang muda tuan rumah Andre Oktaviansyah membuat peluang, tapi tendangannya melebar ke sebelah kanan penjaga gawang Arema FC.

Selang tiga menit, giliran Arief Catur membuat peluang, namun tendangannya berhasil ditepis penjaga gawang Arema FC dan hanya menghasilkan tendangan pojok.

Tak henti-hentinya Persebaya menyerang pertahanan Singa Edan, pada menit ke-44 Sho Yamamoto membuat peluang melalui tendangan langsung hasil umpan Ze. Namun, masih ditepis penjaga gawang Arema FC Julian Garcia Schwarzer yang bermain cemerlang.

Persebaya menggandakan keunggulan melalui Dusan Stevanovic usai sundulan kepalanya yang tidak bisa dibendung penjaga gawang Arema FC di menit akhir babak pertama, tepatnya 45+5.

Hingga wasit meniup peluit tanda turun minum skor tetap sama 2-0, kemenangan bagi Persebaya. Babak kedua, tim Bajul Ijo langsung menyerang pertahanan Arema FC.

Ze Valente membuat Persebaya unggul tiga angka pada menit ke-50, melalui tendangan langsung dari luar kotak pinalti yang tidak bisa ditepis oleh penjaga gawang Arema Julian Garcia Schwarzer. Skor berubah menjadi 3-0, kemenangan untuk Persebaya.

Para punggawa Singa Edan yang sudah tertinggal, tidak tinggal diam dan mulai menyerang pertahanan Persebaya, namun belum mendapatkan peluang.

Akhirnya Singa Edan berhasil memperkecil angka lewat kemelut di depan gawang yang berhasil dimanfaatkan oleh Dedik Setiawan pada menit ke-65.

Skor sementara berubah menjadi 3-1, sekaligus mengubah permainan menjadi lebih menarik dengan intensitas tinggi.

Pada menit ke-85 Arief Catur membuat peluang bagi Persebaya, tapi saat berhadap-hadapan dengan penjaga gawang Julian Garcia Schwarzer tendangan kaki kirinya di depan mulut gawang masih diblok.

Hingga wasit Naufal Adya Fairuski asal Bandung tersebut meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan, skor tetap 3-1 untuk tuan rumah. (ntr, ins)

Susunan pemain kedua tim:

Persebaya Surabaya: Andhika Ramadhani (PG), Arief Catur Pamungkas, Reva Adi Utama (C), Dusan Stevanovic, Song Ui Young, Andre Oktaviansyah, Paulo Victor Costa Soares, Jose Pedro Magalhaes Valente, Sho Yamamoto, Kadek Raditya Maheswara, Bruno Moreira Soares
Pelatih: Josep Gombau

Arema FC: Julian Garcia Schwarzer (PG), Syaeful Anwar, Pablo Angle Ariel Lucero, Arkhan Fikri, Muhammad Rafli, Jayus Hariono, Achmad Maulana Syarif, Dedik Setiawan, Charles Raphael De Almeida, Dendy Santoso (C), Mikael Alfredo Tata
Pelatih: Fernando Valente.

baca juga :

Potensi Besar, Gubernur Khofifah Ajak Budi Daya Lele

Tersangka Pungli Pasar Cepu Seret Nama Sekda dan Bupati Blora

Titis Global News

PEP Cepu Cetak Laba Bersih 849,5 Juta Dolar AS