Global-News.co.id
Sport Utama

Tinggal 100 Hari, Erick Usulkan Piala Dunia U-17 Digelar di Empat Kota

Ketua umum PSSI Erick Thohir saat konferensi pers di Media Center Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Rabu (2/8/2023) malam

JAKARTA (global-news.co.id) – Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia Erick Thohir mengusulkan pergelaran Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia yang akan berlangsung pada 10 November sampai 2 Desember digelar di empat kota yaitu Jakarta, Bandung, Solo, dan Surabaya.

Usulan ini dipertimbangkan mengingat Piala Dunia U-17 yang akan digelar kurang lebih dalam waktu 100 hari lagi.

Sebelumnya ada tujuh kota dengan delapan stadion yang direncanakan dipakai yaitu Jakarta (Stadion Utama Gelora Bung Karno dan Jakarta International Stadium), Bandung (Stadion Si Jalak Harupat), Bogor (Stadion Pakansari), Solo (Stadion Manahan), Surabaya (Stadion Gelora Bung Tomo), Bali (Stadion Kapten I Wayan Dipta), dan Palembang (Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring).

“Kita usulkan delapan stadion, terutama enam yang sudah direnovasi untuk U-20, tambah dua. Dari hasil kesepakatan budgeting tadi, ya kita lihat sepertinya dikerucutkan jadi empat stadion,” kata Erick melalui konferensi pers yang digelar di Media Center Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Rabu (2/8/2023) malam.

“Memang ya kembali konteksnya kembali ini tinggal 100 hari, kita nggak mau ambil risiko hal-hal yang justru nanti jadi bumerang ketika pada hari H kita nggak siap,” tambahnya.

Empat kota yang digunakan, kata Erick, dari enam grup yang ada di Piala Dunia U-17 yang masing-masing berisi empat tim, Jakarta dan Bandung akan menggelar masing-masing dua grup, sedangkan Solo dan Surabaya akan menggelar masing-masing satu grup.

“Diskusi dengan FIFA tadi kita mengusulkan dua grup di Jakarta, dua grup di Bandung, satu grup di Solo, satu grup di Surabaya, semifinal dan final di Solo, pembukaan di Jakarta, timnas di Jakarta, itu yang kita usulkan,” ucap Erick.

“Konsekuensinya kalau ada dua grup di Jakarta dan Bandung, tempat latihan harus ditambah. Di Bandung ada tiga sampai empat tempat latihan mungkin harus ditambah satu. Di Jakarta harus ditambah dua,” tambahnya.

Terkait kemungkinan empat stadion yang akan dipakai dari empat kota yang diusulkan, pria yang juga menjabat sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu menyebut induk terbesar sepakbola dunia optimistis dengan empat stadion dari empat kota yang dipakai.

“FIFA confidence empat stadion ini bisa, mereka punya perhitungan sendiri dan kita punya usulan sendiri,“ kata Erick.

Lebih lanjut, dari persiapan yang kurang lebih tinggal 100 hari, Erick berharap gelaran Piala Dunia U-17 di Tanah Air berjalan sukses.

“Hari ini tinggal 100 hari menuju pembukaan Piala Dunia U-17. Jadi memang benar-benar waktunya sangat mepet, ya kita pastikan kita bisa sukseskan Piala Dunia U-17 dengan baik, dengan fasilitas dan persiapan tim yang baik,” tambahnya. (ntr, ola)

baca juga :

Baddrut Tamam Minta Kemitraan Perusahaan-Petani Tembakau  Ditingkatkan 

gas

Petani Mangga Alpukat di Kabupaten Pasuruan Mulai Panen

Redaksi Global News

Harus Lebih Fokus, Milo Tak Ingin Pemain PSM Hilang Konsentrasi Lagi

Redaksi Global News