Global-News.co.id
Kesehatan Sport Utama

Liga 1: Cedera Saat Berlatih, Pemain Persebaya Risky Dwiyan Dirawat di Rumah Sakit

Pemain Persebaya Risky Dwiyan mengalami cedera saat berlatih bersama tim dan sedang di rawat di rumah sakit

SURABAYA (global-news.co.id) – Pemain Persebaya Risky Dwiyan mengalami cedera saat latihan bersama tim dan sedang di rawat di rumah sakit karena kondisinya dianggap cukup serius hingga menjalani perawatan di ruang Intensive Care Unit (ICU).

Dokter tim Persebaya dr Ahmad Ridhoi dipantau dari laman resmi klub, Selasa (15/8/2023), mengatakan pemain jebolan klub internal Persebaya tersebut dirawat sejak Senin sore (14/8) saat berlatih di Lapangan THOR Surabaya.

Menurut dia, cedera tersebut didapat saat Risky melompat dan berusaha menyundul bola, namun saat menyundul, kepala Risky tidak tepat mengenai bola.

“Saat mendarat dari menyundul bola itu, tulang belakang mengalami hentakan. Risky mengalami shock spinal cord injury,” ucapnya.

Dokter bersama tim medis Persebaya, lanjutnya, langsung melakukan penanganan pertama begitu Risky kesakitan di tengah lapangan dan langsung dilarikan ke Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit Premier serta menjalani Magnetic Resonance Imaging (MRI), yang hasilnya ialah ada masalah pada tulang belakangnya.

Kemudian, ketika menjalani perawatan di IGD, tangan dan kaki Risky mengalami penurunan indera seperti kehilangan rasa.

“Senin malam itu, sampai ada opsi operasi, karena saat terjadi penurunan kinerja indera, ada risiko yang cukup berat. Namun, beberapa jam kemudian, setelah observasi dan pemberian obat oleh dokter saraf, respon tangan Risky membaik, maka operasi diputuskan tidak perlu dilakukan. Ia harus menjalani observasi ketat di ruang ICU mulai pukul 22.00 WIB di hari Senin,” ujarnya.

Hingga tadi malam, menurut Ridhoi, kondisi pemain kelahiran April 1999 tersebut semakin bagus, kinerja saraf indera di kaki dan tangannya membaik dari sebelumnya.

“Dia masih akan menjalani observasi ketat di ICU untuk memastikan proses penyembuhan semaksimal mungkin,” tuturnya.

Sementara itu, CEO Persebaya Azrul Ananda saat menjenguk Risky berpesan agar dapat melewati masa-masa perawatan dengan baik dan berharap bisa segera pulih.

“Kamu atlet, masih muda, badanmu kuat, darahmu juga bagus, jadi kamu pasti bisa pulih dan melewati ini dengan baik. Perawatan di sini salah satu yang terbaik,” kata Azrul saat menjenguk Risky bersama manajer tim dan para pemain, Senin malam. (sba, ntr)

baca juga :

SEA Games 2023: Presiden Jokowi Melepas 599 Atlet Berlaga ke Kamboja

UMKM Binaan SIG Melakukan Inovasi Produk di Masa Pandemi COVID-19

PDIP Surabaya Minta Eri-Armuji Blusukan Sosialisasi Program dan Galang Dukungan

Redaksi Global News