Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Kesehatan Metro Raya Utama

Untuk Rumah Padat Karya, Pemkot Surabaya Manfaatkan Bekas Kantor Kelurahan

 

Pemkot Surabaya memanfaatkan bekas kantor Kelurahan Wonokromo untuk mendukung pelaksanaan program rumah padat karya bagi warga miskin

SURABAYA (global-news.co.id) – Pemerintah Kota Surabaya memanfaatkan bekas kantor Kelurahan Wonokromo untuk mendukung pelaksanaan program rumah padat karya bagi warga miskin.

Siaran pers pemerintah kota, Kamis (13/7/2023), menyatakan, Rumah Padat Karya Wani Wangi di bekas kantor Kelurahan Wonokromo di Jalan Pulo Wonokromo 170 C memproduksi toiletris seperti sabun dan pembersih lantai.

“Bidang usaha yang digerakkan dalam Rumah Padat Karya Wani Wangi adalah produksi sabun, pembersih lantai, sabun cuci piring, dan sebagainya,” kata Kepala Bidang Keamanan dan Infrastruktur Teknologi Informasi Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surabaya Tri Aji Nugroho.

Dia menjelaskan, produksi toiletris dipilih menjadi bidang usaha Rumah Padat Karya Wani Wangi karena toiletris tergolong barang habis pakai yang pasarnya cukup bagus. “Itu menjadi salah satu alasan kami memilih produk ini,” kata Aji.

Aji mengatakan, di rumah padat karya saat ini ada tiga warga miskin di Kelurahan Wonokromo yang mengikuti pelatihan produksi sabun Wani Wangi.

Pemerintah Kota Surabaya menggandeng PT Dua Sahabat Mendunia untuk memberikan pelatihan di rumah padat karya.

“Yang dilatih adalah para staf yang nantinya akan memproduksi ini. Harapannya, dengan pelatihan ini mereka bisa melakukan produksi secara mandiri, kemudian produknya bisa dipasarkan ke seluruh OPD (organisasi perangkat daerah), sekolah, maupun Puskesmas,” kata Aji.

Ia mengatakan, setelah mendapat izin edar, produk toiletris buatan rumah padat karya juga bisa dipromosikan ke hotel, perkantoran, dan masyarakat.

“Sementara ini yang kami produksi ada dua jenis, yakni pembersih lantai dengan kemasan 800 mili liter dan jeriken, kemudian ada (pembersih) porselen dengan kemasan botol,” katanya.

Aji mengatakan, kegiatan produksi di Rumah Padat Karya Wani Wangi diharapkan bisa optimal dan berkelanjutan. Apabila kegiatan usaha di rumah padat karya berkembang, maka pemerintah kota bisa menambah fasilitas produksi untuk mendukung peningkatan ekonomi warga.

“Alat kami juga sesuai dengan pabrikan rumah tangga, yang memang kalau sekali produksi itu bisa menghasilkan ratusan botol,” kata Aji. (pur)

baca juga :

Liga 1: Diprediksi Persaingan Sengit, Arthur Irawan Bicara Soal Target Tim Persik

All England 2023: Mentalitas Jadi Kunci Ginting Lewati Hambatan

Redaksi Global News

BNI Investor Daily Summit 2023, Jokowi Kunjungi Booth UMKM Binaan BNI

Redaksi Global News