Global-News.co.id
Sport Utama

Liga 1: Berada di Puncak, RD Ungkap Penampilan Gemilang Barito Putera

Pelatih Barito Putera, Rahmad Darmawan

BANJARMASIN (global-news.co.id) – PS Barito Putera tampil cukup mengejutkan di awal musim ini. Mereka sukses memetik tujuh poin dari tiga laga awal kompetisi BRI Liga 1 2023/24 dan belum sekalipun tersentuh kekalahan.

Pelatih Barito Putera, Rahmad Darmawan mengungkapkan performa impresif timnya di awal musim tak terlepas dari improvisasi permainan yang dilakukan.

Dia melakukan improvisasi di sektor sayap sebagai alternatif strategi untuk menyerang lini pertahanan lawan dan hal tersebut terbukti ampuh di tiga laga terakhir yang dilalui Barito Putera.

Tak hanya menginginkan aktif dalam membantu lini serang, pelatih berusia 56 tahun itu juga meminta pemain sayap tim berjuluk Laskar Antasari juga ikut menjaga keseimbangan tim dengan turun bertahan saat mendapat serangan balik dari lawan.

Ketika keduanya naik, ia meminta pemain belakang timnya untuk masuk mengisi pos yang ditinggal Murilo Mendes dan Rizky Pora.

Pola permainan tersebut membuat sektor sayap Barito Putera begitu dinamis dalam menyerang maupun membantu pertahanan.

“Memang saya mengingatkan pemain untuk saling mengisi di sayap kanan dan kiri ketika Murilo (Mendes) dan Rizky Pora tahan di samping. Maka saya persilakan bek boleh improvisasi masuk ke dalam,” kata Pelatih yang akrab disapa RD itu.

“Kalau Rizky Pora dan Murilo di tengah tentu bek ada kesempatan overlap lewat samping. Alhamdulillah momentumnya bagus sekali ketika lawan menutup dari samping,” imbuhnya.

Rahmad Darmawan menyebut improvisasi permainan yang berhasil diterapkan di PS Barito Putera tak lepas dari proses yang terus diasah baik di sesi latihan maupun saat pertandingan.

“Kerja keras dilakukan semua pemain. Improvisasi memang dilakukan saat proses latihan dan beberapa kali pertandingan,” jelasnya.

Mengakhiri pekan ke-3, Barito Putera berada di posisi puncak klasemen sementara dengan perolehan 7 poin bersaing dengan Dewa United FC. (lib, bto)

baca juga :

Bank Jatim Dukung Pembayaran e-Parkir di Kabupaten Jember

Redaksi Global News

Wabup Sidoarjo Subandi Sidak Jalan, dan Pastikan Lebaran Jalan Sudah Bagus

gas

19 Juni: Tambah 209 Kasus, Positif COVID-19 di Jatim 9.046 Orang dan Sembuh 2.664

Redaksi Global News