Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Nasional Utama

Kerja Sama Empat Sektor Utama, Pemprov Jatim dan Bengkulu Teken MoU

Kesepakatan kerja sama tertuang dalam nota kesepahaman (MoU) yang ditandatangani gubernur dari kedua provinsi di Bengkulu, Minggu (2/7/2023)

BENGKULU (global-news.co.id) – Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Bengkulu menyepakati kerja sama empat sektor utama, yaitu pertanian, perkebunan, perikanan dan peternakan.

Kesepakatan kerja sama tersebut tertuang dalam nota kesepahaman (MoU) yang ditandatangani gubernur dari kedua provinsi di Bengkulu, Minggu (2/7/2023).

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa memastikan MoU nantinya ditindaklanjuti dengan penandatanganan perjanjian kerja sama (PKS) oleh 13 organisasi perangkat daerah (OPD), 8 badan usaha milik desa (BUMD) dan lima asosiasi dari kedua provinsi yang dijadwalkan pada Senin, 3 Juli 2023.

“Penajaman kerja sama di empat sektor, yaitu pertanian, perkebunan, perikanan  dan peternakan ini memiliki potensi besar untuk dibangun partnership oleh kedua provinsi,” katanya melalui keterangan tertulis yang diterima di Surabaya.

Gubernur Khofifah meyakini hasil dari potensi besar dalam kolaborasi dan kerja sama antara kedua provinsi nantinya tidak sekadar meningkatkan roda perekonomian namun juga mampu menyejahterakan kehidupan masyarakat.

“Peternakan, pertanian, perikanan dan perkebunan merupakan item yang mampu dibangun partnership untuk kemudian dilakukan penajaman dan identifikasi di masing-masing sektor,” ujarnya.

Gubernur Khofifah mencontohkan salah satu keunggulan sektor pertanian Jatim adalah produksi beras dan kualitasnya.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) produksi padi di Jatim tahun 2020 tercatat 9,94 juta ton, tahun 2021 sebesar 9,789 juta ton dan tahun 2022 sebesar 9,526 juta ton Gabah Kering Giling (GKG).

“Tingginya produksi padi di Jatim salah satunya didorong oleh faktor teknik mekanisasi. Padi tidak dipanen secara manual, melainkan menggunakan combine harvester sehingga bisa mengurangi potensi loss 9 sampai 11 persen,” katanya.

Kemudian, lanjut Khofifah, proses pascapanen menggunakan alat mesin pertanian (Alsintan) modern baik dryer maupun Rice Milling Unit (RMU).

“Ada banyak potensi yang bisa ditemukenali, dipertajam, kemudian diidentifikasi secara detail di sektor pertanian maupun perkebunan, perikanan dan peternakan. Ke depan bisa dijadikan kerja sama antara Provinsi Bengkulu dan Jatim,” katanya. (ntr, ins)

baca juga :

Liga 1: Gulung Barito, PSS Catat Tiga Kemenangan Beruntun

Redaksi Global News

Walikota Eri Serahkan Tiga Nama Calon Sekda Surabaya ke Gubernur

Redaksi Global News

Sri Mulyani Punya Utang Hampir Rp 5 Triliun ke Pemprov DKI Jakarta