Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Metro Raya Utama

Bus Listrik Mangkrak, Legislator PSI DPRD Surabaya Angkat Bicara

Bus listrik yang kini mangkrak di garasi DAMRI

SURABAYA (global-news.co.id) – Beberapa waktu lalu sempat viral di media sosial liputan dari sebuah televisi swasta tentang mangkraknya bus listrik di Surabaya. Anggota Komisi C DPRD Kota Surabaya dari Fraksi Partai Solidaritas Indonesia pun angkat suara.

“Jadi, perlu diketahui bahwa bus listrik di bawah pengelolaan Kemenhub dengan operator DAMRI, bukan di bawah pengelolaan Pemkot Surabaya ataupun Suroboyo Bus,” kata William Wirakusuma, ST, MSc, Legislator PSI, Jumat (7/7/2023).

Bus listrik tersebut adalah hibah layanan dari Kemenhub kepada Kota Surabaya namun bukan hibah unit busnya, dan Bus Listrik bekas KTT G-20 tersebut dioperasikan oleh DAMRI.

William menambahkan, Bus Listrik memang sempat beroperasi beberapa hari di Kota Surabaya sebelum akhirnya berhenti beroperasi. Dirinya sempat menanyakan alasan berhentinya operasional Bus Listrik tersebut ke Dinas Perhubungan Surabaya.

“Bus Listrik tersebut berhenti menurut info Dishub Surabaya dikarenakan belum ada kesepakatan kontrak antara Kemenhub dan pengelola dalam hal ini adalah DAMRI,” kata William.

Setelah beberapa bulan berhenti dan tidak ada kejelasan kapan beroperasi lagi, maka William sempat mengusulkan agar operasional Bus Listrik tersebut diambil-alih oleh Suroboyo Bus.

“Semoga segera beroperasi lagi. Saya sudah usulkan apabila DAMRI merasa berat menjadi operator Bus Listrik, maka izinkanlah operasional Bus Listrik tersebut dilakukan oleh Suroboyo Bus. Karena menurut saya Suroboyo Bus memiliki kemampuan baik finansial maupun manajerial untuk menjadi operator Bus Listrik,” kata Legislator PSI itu.

William mengatakan, sebagai anggota Komisi C dan Badan Anggaran, dirinya telah memperjuangkan agar di tahun 2023 ini ada tambahan anggaran untuk transportasi umum di Kota Surabaya dan telah disetujui oleh Pemerintah Kota Surabaya beserta DPRD Surabaya.

“Anggaran tambahan untuk transportasi umum di tahun 2023 menurut saya cukup untuk mengoperasikan Bus Listrik, yang di bawah pengelolaan Suroboyo Bus sampai bulan Desember 2023,” ujarnya. (pur)

baca juga :

Kejurnas Voli Pantai 2023: Tim Putra Jatim Hadapi Lampung di Final

Redaksi Global News

27 Mei: Positif Corona di Indonesia 23.851 Orang, 6.057 Sembuh dan 1.473 Meninggal

Redaksi Global News

Brian Ferreira Pemain Asing Terakhir Persiraja Banda Aceh

Redaksi Global News