Global-News.co.id
Jember Raya Nasional Utama

Banjir Lahar Dingin Semeru, Bupati Lumajang Tetapkan Tanggap Darurat 14 Hari

Bupati Lumajang Thoriqul Haq menetapkan masa tanggap darurat selama 14 hari usai terjadinya bencana banjir lahar dingin Gunung Semeru

LUMAJANG (global-news.co.id) – Bupati Lumajang Thoriqul Haq menetapkan masa tanggap darurat selama 14 hari usai terjadinya bencana banjir lahar dingin Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur.

“Saya sudah menetapkan tanggap darurat selama 14 hari, saya menugaskan Pak Sekda untuk menunjuk satgas darurat bencana,” katanya melalui taklimat media di Lumajang, Sabtu (8/7/2023).

Menurutnya cuaca ekstrem dengan intensitas hujan tinggi selama beberapa hari mengakibatkan banjir dan tanah longsor di beberapa wilayah.

Bahkan, terjangan keras material lahar dingin Semeru juga mengakibatkan beberapa jembatan mengalami kerusakan hingga terputus dan tidak bisa dilalui.

Oleh karena itu, lanjut dia, fokus utama Pemerintah Kabupaten Lumajang adalah keselamatan jiwa bagi warga yang terdampak banjir lahar dingin Gunung Semeru.

Di tengah intensitas hujan yang masih tinggi, bupati yang akrab disapa Cak Thoriq mengimbau agar warga di tepian sungai yang dilewati aliran lahar dingin Gunung Semeru untuk mengungsi sampai kondisi dipastikan aman.

“Masyarakat yang ada di tepian lahar dingin kami evakuasi ke tempat pengungsian di beberapa balai desa termasuk yang ada di Balai Desa Jarit,” katanya.

Ia mengatakan, Pemerintah Kabupaten Lumajang terus melakukan asesmen untuk menginventarisir dampak yang ditimbulkan akibat bencana alam tersebut.

“Yang perlu kami segerakan adalah normalisasi akses segera bisa diurai, dibersihkan, berikutnya kami akan menginventarisir infrastruktur yang perlu dibenahi kembali,” katanya.

Ia menjelaskan beberapa jembatan yang ada di jalan kabupaten juga terputus juga sudah diinventarisasi.

“Beberapa jembatan rusak di antaranya jembatan penghubung Desa Tumpeng dan Desa Kloposawit terputus total, Jembatan Gantung Kali Regoyo mengalami kerusakan parah, Jembatan Limpas Kaliputih dan jembatan di perbatasan Lumajang – Malang juga terputus total,” tutur Thoriqul Haq. (ant, uja)

baca juga :

Panen Sayur Hidroponik di Kampung Juara Proklim KLHK

Redaksi Global News

Wawali Armuji Minta Cek Kelayakan Perahu Tambang di Surabaya

Redaksi Global News

Gandeng Polda Jatim, BPJS Kesehatan Intensifkan Kepatuhan Pembayaran Iuran Badan Usaha

Redaksi Global News