Global-News.co.id
Metro Raya Politik Utama

Ramaikan Pasar Turi Baru, Komisi B Dukung Kolaborasi Semua Pihak

 

Ketua Komisi B DPRD Kota Surabaya, Hj Lutfiyah, SPsi

SURABAYA (global-news.co.id) – Kebijakan Pemerintah Kota bersama PT Gala Bumi Perkasa selaku pengelola Pasar Turi Baru diapresiasi oleh Komisi B DPRD Kota Surabaya. Bagi kalangan dewan langkah Pemkot sudah bagus dengan memberikan stimulus kepada pedagang agar membuka stannya.

Seperti yang disampaikan oleh Hj Lutfiyah, SPsi, langkah Pemkot membebaskan retribusi stan pedagang sudah sangat tepat.

“Bebas retribusi stan pedagang Pasar Turi Baru selama 10 tahun saat buka toko serentak tanggal 31 Mei 2023 lalu, itu setelah perjanjian BOT-nya dengan PT Gala Bumi Perkasa selesai,” ujar Luthfiyah, Rabu (7/6/2023).

Dirinya menyampaikan, sebetulnya pemerintah kota sudah benar memberikan stimulus berupa pembebasan retribusi selama 10 tahun. Hal itu diberikan setelah perjanjian Build Operate and Transfer atau BOT-nya dengan PT Gala Bumi Perkasa selesai.

“PT Gala Bumi Perkasa telah memberikan beberapa insentif.  Kemudian pedagang sendiri juga ingin semuanya buka. Sebab kalau semua pedagang buka, maka pasar turi pasti ramai,” ujar Lutfiyah.

Legislator dari Fraksi Partai Gerindra DPRD Kota Surabaya ini menegaskan, apapun yang dilakukan semuanya, baik pemerintah kota, PT Gala Bumi Perkasa dan pedagang memiliki keinginan yang sama, yakni semua buka.

“Tetapi kalau kenyataannya masih banyak yang belum buka, maka ini yang harus dicarikan solusinya,” tutur Lutfiyah.

Pihak Komisi B menyarankan agar ada kerjasama dari semua pihak. Baik dari pedagang, pengelola maupun pemerintah kota sendiri.

“Ternyata dari pedagang tadi ada yang menyampaikan satu pedagang ada yang memiliki beberapa stan. Itu yang harus dicari solusinya. Kalau semua stan buka pasti ramai. Tingkat perekonomian terutama yang di Pasar Turi yang dulunya itu menjadi ikon Surabaya bisa kembali terwujud,” tutur Hj Lutfiyah, S.Psi.

Sementara itu, General Manager Pasar Turi Baru, Teddi Supriadi mengatakan, pihaknya bersyukur dan berterima kasih kepada Komisi B DPRD Kota Surabaya yang telah membantu dan memotivasi untuk perkembangan pasar itu.

“Kami membicarakan upaya mempercepat supaya Pasar Turi bisa pulih kembali, bisa ramai kembali. Syukur Alhamdulillah tadi juga disampaikan oleh pimpinan rapat maupun anggota Komisi B bahwa pada prinsipnya dari DPRD Kota Surabaya mendukung sepenuhnya agar semua pedagang bisa masuk dan buka semuanya,” ujarnya.

Teddi menjelaskan, sebenarnya saat diresmikan Walikota Eri Cahyadi yang bertajuk “Buka Toko Bareng Cak Eri” sudah terjadi penambahan jumlah pedagang yang buka secara signifikan. (pur)

baca juga :

OJK Kawal Pemulihan Ekonomi Jawa Timur

gas

Peduli Tempat Ibadah, Polresta Sidoarjo Serahkan Bantuan ke Masjid Miftakhul Jannah

gas

Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat, BNI Perkuat Pengembangan Desa Wisata

Redaksi Global News