Global-News.co.id
Kesehatan Madura Utama

4 Hari di Pulau Sapudi, Tim Yankes Bergerak Tangani 509 Pasien

Tim Yankes Bergerak Jatim membantu persalinan salah seorang warga Sapudi.

SURABAYA (global-news.co.id) – Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Kesehatan menerjunkan Tim Pelayanan Kesehatan (Yankes) Bergerak ke Pulau Sapudi, Sumenep. Selama 4 hari (11-14 Juni 2023) Tim Yankes Bergerak yang terdiri dari 56 personel telah menangani sebanyak 509 pasien.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, Dr dr Erwin Astha Triyono SpPD KPTI, mengatakan aksi ini merupakan bagian dari implementasi program Jatim Sehat dalam Nawa Bhakti Satya. Program Jatim Sehat tidak hanya untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat, namun juga memperluas pemerataan layanan kesehatan terutama di wilayah-wilayah kepulauan.

“Jadi bagaimana menjangkau masyarakat terutama yang berada di kepulauan dan jauh dari pusat kota, itu menjadi prioritas kami. Sehingga layanan kesehatan yang berkualitas bisa dirasakan manfaatnya untuk seluruh masyarakat,” ujar dr Erwin dalam rilisnya Kamis (15/6/2023).

Tim Yankes Bergerak bertugas memberikan pelayanan kesehatan yang meliputi pelayanan kesehatan dasar, spesialistik, kesehatan tradisional, serta pembinaan UKM dan Puskesmas sesuai standar. Pelayanan tersebut dipusatkan di Puskesmas Gayam, Puskesmas Nong-Gunong Sapudi, serta di Kapal Gandha Nusantara 1 dan 2.

Kadinkes juga mengapresiasi dedikasi para tenaga kesehatan yang ada di Tim Yankes Bergerak. Pengabdian mereka sangat berharga bagi masyarakat Jatim.
Tim Yankes Bergerak ini merupakan gabungan antara lain dari Dinkes Jatim, Dinkes Kab. Sumenep, RSUD dr Soetomo Surabaya, PPDS FK Unair, RS Mata Masyarakat Jatim, RS Saiful Anwar Malang, RS M. Noer Pamekasan, RS M. Anwar Sumenep, Fakultas Vokasi Battra Unair, Organisasi Profesi Nakestrad yaitu Perkumpulan Pengobat Tradisional Indonesia (PPTI), serta Labkesda Kota Mojokerto dan Wira Usaha Sanitasi dari Nganjuk.

“Saya sampaikan terima kasih, apresiasi atas seluruh dedikasi yang tulus ikhlas, melayani dan merawat masyarakat dengan hati. Sehingga seluruh layanan kesehatan yang diberikan bisa dirasakan manfaatnya bagi masyarakat di Pulau Sapudi,” imbuhnya.

Kedatangan Tim Yankes Bergerak mendapat sambutan dari masyarakat. Mereka langsung berbondong-bondong untuk mendaftarkan diri memeriksakan kesehatannya. Erwin menyebut antusiasme warga menunjukkan masyarakat semakin melek kesehatan. Karena itu pihaknya berkomitmen akan terus berupaya memberikan layanan kesehatan yang berkualitas serta merata.

Dia berharap model layanan kesehatan seperti Yankes Bergerak yang terus diinisasi oleh Dinkes Jatim bisa menjadi inspirasi sekaligus rujukan bagi pemerintah kabupaten/kota. Sekaligus, bagi instansi swasta dan lembaga lainnya untuk memberikan perhatian lebih terhadap layanan kesehatan kepada masyarakat di wilayah terpencil, kepulauan maupun di pelosok desa.

“Dengan sinergitas pentahelix layanan kesehatan untuk warga Jatim akan bisa terwujud lebih berkualitas, masif, dan menjangkau seluruh pelosok Jatim,” ujarnya.

Pelayanan yang telah diberikan Tim Yankes Bergerak kepada masyarakat Sapudi meliputi pelayanan bedah dan anestesi sebanyak 110 orang, kesehatan kandungan sebanyak 66 orang, kesehatan mata sebanyak 214 orang, kesehatan paru sebanyak 75 orang, dan kesehatan tradisional sebanyak 44 orang.

Selain memberikan pelayanan kesehatan, Tim Yankes Bergerak juga melakukan pembinaan Puskesmas serta peningkatan kapasitas tenaga kesehatan dan pemberdayaan masyarakat melalui pembinaan program UKM. Antara lain, Program KIA-KB, Gizi, Kesehatan Lingkungan, Pencegahan dan Pengendalian Penyakit baik menular maupun tidak menular, Kesehatan Tradisional dan lain sebagainya.

“Yankes Bergerak ini merupakan program prioritas dari Ibu Gubernur Khofifah yang bertujuan untuk lebih mendekatkan akses dan meningkatkan pelayanan kesehatan yang berkualitas kepada masyarakat, khususnya masyarakat kepulauan terpencil. Oleh karena itu kita harus maksimalkan pelayanan ini agar bermanfaat bagi masyarakat,” pungkas Erwin. (ret)

baca juga :

Menlu Prancis Singgung Apartheid di Israel, Netanyahu Kesal

Arek-Arek Suroboyo Diminta Teruskan Kegigihan Pejuang

Redaksi Global News

Anggota Dewan Pertanyakan Bus Listrik Surabaya Berhenti Beroperasi

Redaksi Global News