Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Nasional Utama

Kemenlu Kenalkan Potensi Jatim pada 20 Calon Kepala Perwakilan RI

Kemenlu mengenalkan potensi Jatim pada 20 Calon Kepala Perwakilan RI

SURABAYA (global-news.co.id) – Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) mengenalkan potensi Provinsi Jawa Timur (Jatim) kepada 20 Calon Kepala Perwakilan Republik Indonesia (RI).

Staf Ahli Bidang Hubungan Antarlembaga Kemenlu Muhsin Syihab menjelaskan para Calon Kepala Perwakilan RI itu terdiri dari 13 Calon Duta Besar (Dubes) dan tujuh Konsul Jenderal (Konjen) RI yang akan ditempatkan di berbagai penjuru dunia.

“Sebelumnya kami telah mengunjungi sentra-sentra industri strategis di wilayah Jatim. Dilanjutkan sampai 24 Mei 2023, yang dijadwalkan melihat secara langsung sejumlah sentra industri strategis Jatim di wilayah Kabupaten Gresik,” katanya kepada wartawan di Surabaya, Selasa (23/5/2023) malam.

Salah satu kegiatannya tadi malam berkesempatan mengunjungi Gedung Negara Grahadi Surabaya yang disambut oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

Muhsin mengungkapkan kegiatan ini rutin dilakukan Kemenlu kepada setiap Calon Kepala Perwakilan RI sebagai program “Lintas Nusantara” agar ketika telah resmi menjabat di masing-masing negara yang ditempatkan dapat mencarikan pasar, serta menarik investor asing ke dalam negeri.

“Jatim punya potensi besar dari jumlah penduduk dan komposisi demografinya. Selain itu penduduk berusia produktif di Jatim sangat tinggi,” ujarnya.

Muhsin menandaskan pekerja migran Indonesia asal Jatim juga berkontribusi besar terhadap devisa negara.

“Skala ekspor Jatim peringkat kedua nasional. Tadi Ibu Gubernur Khofifah telah memberikan banyak sekali arahan-arahan kepada para Calon Kepala Perwakilan RI terkait segala potensi yang bisa dieksplor lebih detail,” ucapnya.

Pelantikan 20 Calon Kepala Perwakilan RI tersebut tinggal menunggu waktu senggang Presiden Joko Widodo yang saat ini masih terbilang padat.

Muhsin menyebut di antaranya juga masih menunggu surat persetujuan dari negara-negara sahabat. “Harapannya pertengahan tahun ini atau paling lambat bulan Agustus mendatang sudah resmi menjabat di negara perwakilan masing-masing,” katanya.

Sementara itu, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dalam sambutannya menyampaikan sejumlah potensi wilayah, salah satunya di bidang pariwisata.

“Seperti fenomena blue fire yang hanya ada dua di dunia. Satu ada di Islandia, sedangkan satu lagi di Gunung Ijen Jawa Timur. Lalu, oksigen terbaik kedua di dunia ada di Pulau Gili Iyang, Kabupaten Sumenep, Madura,” tuturnya.

Orang nomor satu di Pemprov Jatim tersebut juga mengucapkan selamat kepada seluruh calon kepala perwakilan RI yang ditugaskan ke sejumlah negara. (fan , ntr)

baca juga :

Liga 1: Lepas Fernando Valente, Arema FC Tunjuk Widodo

Redaksi Global News

Hari Ini, Tol Pandaan-Malang Berbayar

Redaksi Global News

Mulan Jameela: Ayo Kita Pulang ke Rumah Suamiku

Redaksi Global News