Global-News.co.id
Metro Raya Sport Utama

Pemkot Surabaya Upayakan Persebaya Bisa Main di Gelora Joko Samudra Gresik

Pemkot Surabaya mengupayakan Persebaya bisa tanpil di Gelora Joko Samudra Gresik

SURABAYA (global-news.co.id) – Pemerintah Kota Surabaya mengupayakan tim Persebaya bisa bermain di Stadion Gelora Joko Samudra (GJS) Gresik dalam lanjutan Liga 1 menyusul Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya masih dalam tahap perbaikan.

“Kami mohon maaf kepada manajemen Persebaya karena Stadion GBT belum bisa dijadikan home base pada awal tahun 2023,” kata Kepala Bidang (Kabid) Olahraga Dinas Kebudayaan Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya, Trio Wahyu Bowo, saat menggelar jumpa pers di Surabaya, Senin (9/1/2023).

Menurut dia, hal itu berdasarkan surat edaran (SE) Kementerian PUPR Nomor CK.0402CR/9 tanggal 2 Januari 2023, tertulis bahwa pemegang/pemilik dilarang menggunakan stadion/lapangan untuk kegiatan apapun.

“Kami menghormati keputusan itu, karena Piala Dunia U-20 2023 akan dimulai pada Mei mendatang,” kata Trio.

Mengenai hal tersebut, Trio menerangkan, Pemkot telah berkoordinasi dengan manajemen Persebaya terkait Stadion GBT yang masih belum bisa dijadikan sebagai home base pada awal tahun ini.

Selain berkoordinasi dengan manajemen Persebaya, Trio melanjutkan, Pemkot juga sedang berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik untuk menggunakan Stadion GJS sebagai home base Persebaya.

Sesuai dengan SE Kementerian PUPR, ada empat venue yang tidak dapat dipergunakan untuk kegiatan antara lain yakni, Stadion GBT, lapangan latihan A dan C, Lapangan Thor Gelora Pancasila, serta Gelora 10 November di Tambaksari.

“Sesuai SE itu, berlaku mulai Januari-Juni 2023 belum dapat digunakan. Setelah bulan itu, bebas digunakan oleh siapa pun,” kata Trio.

Sementara itu, Manajer Fans Relation Persebaya Surabaya, Alex Tualeka, menanggapi hal ini harus disikapi secara realistis karena masih dalam tahap renovasi Pemerintah Pusat.

Oleh karena itu manajemen Persebaya telah mencari alternatif home base lain yang tak jauh dari Kota Pahlawan.

“Untuk saat ini Persebaya telah melakukan pendekatan dan telah mengurus perizinan di Stadion GJS. Ini tidak luput dari kolaborasi antara Pak Walikota Eri Cahyadi serta jajarannya dengan Pemkab Gresik,” kata Alex.

Ia menyampaikan setelah surat perizinan dari Pemkab Gresik diturunkan maka pertandingan pertama pada 14 Januari 2023 yakni Persebaya Surabaya versus Persikabo Bogor bisa digelar meski tanpa penonton. (pur)

baca juga :

Protes soal Kekerasan Muslim, Massa PA 212 Bakar Bendera India

Redaksi Global News

Artis Korban Medsos, Pelajaran dari Inul hingga Ernest Prakasa: Diserang Balik Gara-gara Menghina Ulama

Liga 1: Belakang Keropos, Persebaya Kalah di Kandang Barito