Global-News.co.id
Pendidikan Sport Utama

Tiga Pesepakbola Persebaya Daftar Jadi Mahasiswa UM Surabaya

Tiga pesepakbola Persebaya mendaftar menjadi mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surabaya

SURABAYA (global-news.co.id) – Tiga pemain Persebaya Surabaya yakni Rizky Ridho Ramadhani, Koko Ari dan Andre Oktaviansyah menjadi mahasiswa Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya setelah melakukan pendaftaran di kampus setempat, Selasa (1/11/2022).

Tiga pemain tersebut mengikuti jejak Muhammad Hidayat dan Alwi Slamat yang sebelumnya mendaftar menjadi mahasiswa UM Surabaya.

Bek Persebaya dan Timnas Indonesia Rizky Ridho mengatakan akan mengambil Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) di UM Surabaya. “Dorongan melanjutkan studi ini selain keinginan saya sendiri juga dorongan kuat dari orangtua,” ujar Ridho, sapaannya.

Menurut dia, pendidikan menjadi hal penting yang tidak boleh dikesampingakan karena itu sebagai bekal atau pedoman dirinya ke depan.

“Awalnya saya ragu untuk kuliah karena takut tidak bisa membagi waktu, tapi pas tahu di UM Surabaya ada fasilitas khusus dan kurikulum khusus untuk para atlet, saya lega, tentu itu akan sangat membantu,” kata Ridho.

Ridho bercita-cita ingin menjadi pelatih di kampung. Dia merasa kesuksesannya hari ini bermula dari kampung dan lapangan kecil di daerah Simo Gunung Kramat. “Kalau di kampung saya lebih bisa bermanfaat dan bisa membantu banyak orang,” ujarnya.

Sementara itu, bek kanan Persebaya Koko Ari mengambil jurusan yang sama dengan Rizky Ridho yakni  Program Studi (Manajemen). “Prodi Manajemen sangat dekat dengan kehidupan saya. Salah satunya saya ingin mendalami manajemen sport,” katanya.

Berbeda dengan Ridho dan Koko, Andre Oktavinsyah memilih Prodi Ilmu Hukum di UM Surabaya. Atlet yang mendapat julukan Si Kobra tersebut memang memiliki ketertarikan pada bidang hukum.

Rizky, Koko dan Andre ketiganya masuk UM Surabaya melalui jalur beasiswa atlet yang diberikan UM Surabaya secara penuh.

Rektor UM Surabaya Sukadiono menjelaskan, program pemberian beasiswa kepada atlet tidak hanya dilakukan untuk kali pertama. Melainkan telah dilakukan pada beberapa tahun sebelumnya.

“Ini tahun kelima UM Surabaya konsisten memberikan beasiswa penuh kepada para atlet. Tidak hanya atlet pemain Persebaya, namun juga atlet seluruh Indonesia yang ingin menempuh pendidikan di UM Surabaya,” ujar Suko, sapaannya.

Bahkan Suko meminta kepada para atlet yang menjadi mahasiswa baru UM Surabaya untuk menularkan semangat kepada atlet-atlet yang lain agar terus melanjutkan pendidikan.

Pemberian beasiswa ini, lanjut Suko, sebagai upaya universitas dalam berkontribusi pada olahraga di Indonesia, sekaligus mendorong mahasiswa yang memiliki prestasi olahraga agar terus mengembangkan kemampuannya.

“Selain mendapatkan kurikulum khusus, Atlet yang diterima akan mendapatkan hak dengan dibebaskan uang gedung, dana pendidikan dan bebas biaya formulir,” tuturnya.

Suko sangat berharap ilmu yang didapatkan para atlet di UM Surabaya akan bermanfaat di kemudian hari, ketika sudah tidak lagi menjadi atlet lagi.

Tak hanya itu, Suko juga berharap, UM Surabaya tidak hanya menjadi kampus sejuta inovasi namun juga menjadi kampusnya para atlet. (ntr, ums)

baca juga :

Megaproyek JRRT Kota Madiun Tunggu Surat Gubernur Jatim

Sambut HUT Kemerdekaan , KA Pandanwangi Beroperasi Kembali

Redaksi Global News

Pelatihan ASN, BPSDM Jatim Datangkan Ustad Kondang Das’ad Latif

Redaksi Global News