Global-News.co.id
Koperasi dan UKM Metro Raya Utama

APBD 2023, DPRD Surabaya Dorong 40 Persen Anggaran untuk UMKM Tepat Sasaran

DPRD Surabaya mendorong 40 persen APBD 2023 untuk UMKM tepat sasaran

SURABAYA (global-news.co.id) – Komisi B Bidang Perekonomian DPRD Kota Surabaya mendorong pelaksanaan 40 persen Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2023 sebesar Rp11,2 triliun untuk pemberdayaan UMKM terserap maksimal dan tepat sasaran.

Wakil Ketua Komisi B DPRD Surabaya Anas Karno, Rabu (23/11/2022), mengatakan, 40 persen anggaran untuk pemberdayaan usaha mikro kecil menengah (UMKM) dari APBD 2023, diharapkan mampu menumbuhkan pergerakan ekonomi para pelaku UMKM.

“Tentunya bisa mendongkrak pertumbuhan ekonomi secara makro di Surabaya,” kata Anas.

Menurut dia, banyak cara yang bisa dilakukan Pemkot Surabaya untuk penyerapan anggaran UMKM supaya maksimal dan tepat sasaran di antaranya menggelar pelatihan yang diikuti dengan pendampingan kepada para pelaku UMKM mulai dari pembuatan bahan baku, proses produksi sampai pemasaran.

“Dengan begitu para pelaku UMKM di Surabaya bisa mandiri nantinya,” kata Anas.

Selain itu, lanjut Anas, melalui Perda Perusahaan Perseroan Daerah (Perseroda) PT Bank Perkreditan Rakyat Surya Artha Utama (BPR SAU) yang sudah disahkan itu, Pemkot Surabaya memberikan penyertaan modal kepada bank BUMD tersebut sebesar Rp10 miliar di tahun 2022 dan Rp50 miliar di tahun 2023.

“Penyertaan modal itu penggunaannya diprioritaskan sebagai kredit usaha bagi pelaku UMKM di Surabaya. Bunganya ringan dan syaratnya mudah. Cukup datang ke BPR SAU,” ujar dia.

Supaya kredit tersebut terserap maksimal, Anas meminta supaya BPR SAU melakukan intens melakukan sosialisasi agar para pelaku UMKM tidak terlilit hutang ke pinjol (pinjaman online) atau rentenir dengan bunga tinggi.

“Supaya para pelaku UMKM ini bisa tumbuh bukannya terpuruk akibat hutang,” kata dia.

Anas menegaskan Komisi B akan serius mengawal pemberdayaan UMKM yang sudah diprogramkan anggarannya lewat APBD 2023, sehingga penggunaannya betul-betul untuk pemberdayaan UMKM.

“Ekonomi yang cenderung stagnan di masa pandemi, sekarang diharapkan bisa tumbuh dan bergerak. UMKM merupakan ujung tombak dari pertumbuhan ekonomi,” kata dia. (pur)

baca juga :

Arumi Ajak Semua Elemen Keroyokan Tekan Angka Stunting

Redaksi Global News

Produksi Beras Menurun Sejumlah Negara Stop Ekspor, Harga di Dalam Negeri Melonjak Tajam

gas

Kapolresta Sidoarjo Salurkan Bansos Dampak Pandemi Covid-19 di Wilayah Tulangan dan Krembung

gas