Global-News.co.id
Metro Raya Utama

Progress Proyek JLLB Surabaya Capai Hampir 50 Persen

Pemasangan alat launching gantri yang melintas di atas rel kereta api di Jl Raya Sememi diharapkan percepat pembangunan JLLB

SURABAYA (global-news.co.id) – Pemasangan alat launching gantri yang melintas di atas rel kereta api di Jl Raya Sememi diharapkan percepat pembangunan JLLB hingga selesai sesuai dengan kontrak kerja yang ditentukan.

Kabid Jalan dan Jembatan Dinas Sumber Daya Air Bina Marga dan Peraturan (DSABM) Kota Surabaya, Adi Gunita, mengatakan, jalan luar lingkar barat (JLLB) progress-nya sudah 44 persen per Senin (17/10/2022). Progress terakhir ada persiapan untuk pemasangan alat launching gantri untuk mengangkat balok gider yang posisinya akan melintasi rel kereta api.

Jadi rencananya perhari Kamis (13/10/2022) melakukan koordinasi dengan teman-teman PLN, kereta api (KAI), PJK3 dalam hal ini, dari Disnaker untuk mengecek salah satu kelengkapan tersebut.

“Rencana Kamis kemarin, tapi ada kekurangan sedikit yang telah diinspeksi oleh teman-teman Disnaker, sehingga nanti per Sabtu kita akan meluncurkan alat launching gantri yang di atas rel lebih dulu. Dan pada saat peluncuran itu ada window time (waktu yang diberikan KAI) untuk uji coba kurang lebih 60 menit, dan untuk memastikan relnya itu waktu 60 menit itu berapa untuk kebutuhan relnya,” ujarnya, Selasa (18/10/2022).

Adi menerangkan, setelah pemasangan alat launcher itu nanti prepare untuk penempatan balok-balok gidernya, sambil nunggu tanggal 20 Oktober melakukan pemasangan gider yang melintasi rel kereta api. Karena pemasangan gider yang melintasi rel kereta api ini memang sifatnya kompleks, tidak bisa asal-asalan karena waktu yang diberikan terbatas, kalaupun ada traffic dari kereta api tidak bisa melakukan pemasangan.

“Jadi, waktu kosong yang diberikan KAI kita boleh melakukan pemasangan di atas rel, selebihnya kita target untuk pemasangan kritisnya percepatan di sisi atas rel. Selebihnya mungkin normal seperti pekerjaan biasanya, pemasangan gider di lahan yang sudah siap. Kita target pertumbuhan 31 Desember 2022 sudah selesai sesuai ketentuan awal,” papar Adi.

Lebih lanjut dia menjelaskan, target gider panjang 50 meter yang di atas rel itu, diberikan waktu oleh PT KAI tidak boleh lebih dari tanggal 9 Desember. Karena pada Desember itu lagi padat-padatnya persiapan Nataru (Natal, Tahun Baru). Pihaknya hanya ada waktu satu setengah bulan untuk percepatan pemasangan dan itu sudah selesai akhir November.

“Secara kontraktual target selesai harus selesai 31 Desember secara fisik. Jadi kita harapkan tidak ada hambatan lagi terkait dengan pekerjaan fisiknya, karena memang pemasangan fisik kritisnya yang ada di atas rel,” kata dia. (pur)

baca juga :

Liga 1: Arema FC Mulai Latihan Normal, Fokus Bentuk Kerja Sama Tim

Redaksi Global News

Emir Kuwait Meninggal Dunia, Sheikh Nawaf Ditunjuk sebagai Pengganti

Redaksi Global News

Keluarga Terpapar Covid-19, Gus Ipul Beri Klarifikasi

Redaksi Global News