Global-News.co.id
Mataraman Utama

Usai Tutup Manasik, Kang Marhaen sekaligus Lepas CJH Nganjuk

Plt Bupati Nganjuk Kang Marhen menutup kegiatan manasik massal sekaligus melepas calon jamaah haji Kabupaten Nganjuk

NGANJUK (global-news.co.id) –  Plt Bupati Nganjuk, DR Drs H Marhaen Djumadi, SE, SH, MM, MBA, menutup kegiatan manasik haji massal serta pelepasan calon jamaah haji (CJH) tingkat Kabupaten Nganjuk tahun 2022, Kamis (2/6/2022) di Aula MAN 2 Nganjuk.

Kang Marhaen mengucap syukur alhamdulillah karena pemerintah sudah membuka ibadah haji yang dua tahun tidak diperbolehkan. “Alhamdulillah setelah dua tahun ibadah haji ditutup karena pandemi Covid-19, tahun ini sudah dibuka kembali,” ujarnya.

Perlu diketahui manasik haji ini penting bagi calon jamaah haji yang akan berangkat ke tanah suci. “Manasik haji ini sangat penting karena sebagai bekal jamaah saat menjalankan ibadah haji,” tambahnya.

Dijelaskan Kang Marhaen, ibadah haji merupakan ibadah fisik dan mental. Yang mana sebagai jamaah haji harus menjaga kondisi kesehatan serta bahagia dalam menjalankannya.

Tidak lupa, Kang Marhaen berpesan kepada bapak ibu calon jamaah haji untuk tetap mengikuti arahan dari pembimbing mulai dari berangkat sampai pulang.

“Kita ikuti arahan pembimbing agar lancar dalam perjalanan, ” ujarnya sembari mengucap terimakasih kepada Kemenag karena sudah banyak membantu masyarakat Nganjuk dalam menunaikan ibadah haji.

Kang Marhaen juga menitip doa kepada para calon jamaah haji. “Kami titip doa kesehatan, kesejahteraan untuk masyarakat Nganjuk. Mudah-mudahan apa yang kita harapkan, Nganjuk bisa menjadi daerah yang makmur, sejahtera, aman dan kondusif, ” tambahnya.

Sedangkan Kepala Kemenag Kabupaten Nganjuk, Mohamad Afif Fauzi, SAg, MPdI mengucapkan selamat kepada para calon jamaah yang akan berangkat haji.

Afif bersyukur tahun ini ibadah haji telah dibuka kembali meskipun belum ada sebagian dari jamaah haji yang berangkat. Dijelaskan Afif, calon jamaah haji yang berangkat tahun ini merupakan jamaah haji di tahun 2020. Dikarenakan pandemi Covid-19 sehingga akses masuk Arab Saudi ditutup untuk melaksanakan ibadah haji.

Disebutkannya sebanyak 274 orang calon jamaah haji akan berangkat tahun 2022. Data tersebut dapat berubah sesuai dengan pendaftar haji. “Mudah-mudahan seluruh jamaah haji bisa berangkat semuanya dengan keadaan nyaman dan khusyuk dalam beribadah, serta pulang dalam keadaan selamat, ” tambahnya.

Acara itu juga dihadiri Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Nganjuk, Kepala Asisten Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Nganjuk, Kasubag TU MAN 2 Nganjuk, serta 274 peserta manasik haji massal Kabupaten Nganjuk.

Di akhir kegiatan, Kang Marhaen berkesempatan memasangkan sorban kepada perwakilan jamaah haji. Pemakaian sorban ini sebagai tanda pelepasan calon jamaah haji tingkat Kabupaten Nganjuk. (nju, ins)

baca juga :

Pamekasan Jadikan Hafidz Quran Bagi Siswa Program Prioritas

gas

Winter Charity PCI Muhammadiyah India, Bagi-bagi Nasi, Selimut, dan Jaket untuk Dhuafa

Redaksi Global News

KSPSI dan KSPI Ajukan Uji Materi UU Cipta Kerja ke MK

Redaksi Global News