Global-News.co.id
Jember Raya Nasional Utama

Pulang Kampung, Ikawangi Gelar Bhakti Sosial dan Gowes Bersama

Ikawangi saat nggowes bersama berjarak 20 km dari bandara ke pendapa Banyuwangi

BANYUWANGI (global-news.co.id) – Mengobati kerinduan pada tanah kelahiran, ratusan perantau asal Banyuwangi dari berbagai wilayah di Indonesia ramai- ramai pulang kampung bareng. Tidak hanya melepas kangen dengan kerabatnya, mereka yang tergabung dalam Ikawangi (Ikatan Keluarga Banyuwangi) Nusantara juga menggelar berbagai aktivitas, termasuk aksi sosial.

Salah satunya adalah menggelar gowes bareng bertajuk Ikawangi Cycling Nusantara (ICN), Sabtu (19/3). Ajang sepeda santai yang diisi dengan aksi sosial ini diikuti sekitar 700 peserta.

Para diaspora Banyuwangi ini ada yang datang dari Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Jogjakarta, Malang, hingga Kalimantan Utara. Bahkan ada juga yang khusus datang dari Amerika Serikat.

Mereka bersepeda dimulai dari Bandara Banyuwangi. Mereka terlihat sangat antusias meski menempuh jarak sekitar 20 km untuk finish di Pendopo Kabupaten Banyuwangi.

“Kami sangat gembira sekali menggelar acara ini. Selain bisa bersilaturahim dengan keluarga, teman-teman saat di kampung dulu, kami juga senang bisa beraktivitas di kampung masa kecil kami dulu. Happy sekali,” ujar Ketua Umum Ikawangi, Bambang Sugiyono.

Bambang menjelaskan, even bersepeda di tanah kelahiran ini merupakan gagasan Ikawangi dari berbagai daerah di Indonesia dan belahan dunia. Ini dilakukan dalam rangka memperingati HUT Ikawangi ke-50.

“Dan gayung bersambut, ide kita didukung Pemkab. Bahkan even ini dimasukkan di agenda Banyuwangi Festival 2022. Kita serasa diberi karpet merah oleh Pemkab. Kami senang bisa menjadi bagian dari even Banyuwangi Festival. Terima kasih Ibu Bupati Ipuk, semoga Banyuwangi tetap menjadi daerah yang terus mewangi,” kata Bambang yang pernah menjabat Walikota Jakarta Utara itu.

Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani, yang menyambut mereka di pendopo mengatakan sangat terharu dengan keguyuban para diaspora asal Banyuwangi.

“Terima kasih masih kangen Banyuwangi dan terus mendoakannya. Saya berharap ceritakan hal-hal baik tentang Banyuwangi kepada kerabat di tempat bapak ibu tinggal,” kata Ipuk.

Selama di Banyuwangi, Ikawangi menggelar aksi sosial. Mereka membantu dana bedah rumah bagi warga desa serta memberikan santunan anak yatim. “Terima kasih, selalu peduli pada Banyuwangi,” kata Ipuk.

Berbagai diaspora Banyuwangi dari berbagai kota ikut memeriahkan acara ini. Salah satunya Fitri Carlina, artis yang berkiprah di Jakarta.

“Happy banget. Selama pandemi kita jarang bisa silaturahmi, sekarang malah bisa ketemu di Banyuwangi. Bangga karena Ikawangi selalu guyub,” kata Fitri. (ins, ayu)

baca juga :

Bersama Persib, David Rumakiek Siap Kerja Keras

Pantau Penyekatan dari Udara Bersama Pangdam dan Kapolda, Gubernur Khofifah: Situasi Lalu Lintas Terjadi Pengurangan Volume Kendaraan

Ruang Isolasi Pasien Covid-19 Penuh, RSSA Malang Tambah Bed

Redaksi Global News