Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Tapal Kuda Utama

Kaya Sumber Daya Air, Pemkab Pasuruan Bakal Bangun Kampung Ikan di Winongan

Pemkab Pasuruan tahun ini berencana menjadikan Kecamatan Winongan sebagai kampung ikan.

PASURUAN (global-news.co.id) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasuruan pada tahun 2022 ini berencana menjadikan Kecamatan Winongan sebagai kampung ikan.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Pasuruan, Alfi Khasanah, mengatakan, rencana tersebut bukan tanpa sebab. Seperti diketahui, Kecamatan Winongan dikenal sebagai wilayah yang kaya akan sumber daya air, lantaran dekat dengan Pemandian Alam Banyubiru maupun Sumber Mata Air Umbulan.

Dengan melimpahnya volume air ditambah kualitas perairan yang sangat baik, secara otomatis sangat berpotensi untuk pembudidayaan air tawar.

“Kecamatan Winongan khan sumber airnya sangat besar dan melimpah. Sehingga untuk pembudidayaan ikan air tawar jelas sangat pas. Untuk itu, tahun ini Pemkab Pasuruan akan menjadikan Kecamatan Winongan sebagai Kampung Ikan,” kata Alfi, di kantornya, Senin (31/1) pagi.

Untuk merealisasikan hal tersebut, Dinas Perikanan sudah mulai melakukan sosialisasi ke sejumlah pihak. Mulai dari kecamatan, desa hingga warga secara bertahap.

Kata Alfi, nantinya diharapkan ada 1000 kolam ikan yang dibuat di rumah-rumah warga. Pada kolam tersebut akan dimasukkan ikan nila hitam yang dikenal sangat cocok untuk membudidayakannya.

“Nantinya, setiap rumah tangga membuat kolam ikan sendiri-sendiri. Ikan bisa dibeli di Balai Benih Ikan di Winongan, dan sebagian nanti kita berikan kepada warga,” jelasnya.

Lebih lanjut Alfi menegaskan, pihaknya juga akan menjadikan satu lokasi percontohan Kampung Ikan. Harapannya, lokasi tersebut bisa menjadi jujukan desa lain agar termotivasi membuat hal yang sama, atau bahkan melampaui hasil yang didapat dari lokasi percontohan itu sendiri.

“Identifikasi juga kami lakukan, dan terus nanti ada salah satu lokasi yang dibuat percontohan supaya tempat yang lain bisa menirunya. Meniru hal yang sudah berhasil,” ucapnya.

Ke depan, apabila Kampung Ikan sudah dibentuk, maka setiap warga tak repot lagi mencari lauk untuk dimakan. Lantaran bisa memanen dari kolam sendiri.

Tak hanya itu, warga yang berhasil membudidayakan nila bisa mengembangkan usahanya menjadi lebih besar lagi. “Muaranya banyak. Kalau ikannya banyak dan berhasil, bisa dijual dan diambil keuntungannya,” kata dia. (ins, sur)

baca juga :

Gus Sholah Meninggal Dunia, Gubernur Khofifah Sampaikan Belasungkawa Mendalam

Redaksi Global News

Erupsi Semeru, Penyintas Dapat Bantuan Huntara dan Paket Sembako dari YLKM

Redaksi Global News

Kesembuhan Pasien COVID-19 di Surabaya Capai 3.580 Orang

Redaksi Global News