Global-News.co.id
Nasional Utama

Wabup Indah Berharap Ada Alat Canggih Pendeteksi Dini Bencana Gunung Berapi

Wabup Lumajang saat mendampingi Komisi VII DPR RI guna meninjau para pengungsi, di SMP Negeri 2 Pasirian, Selasa (14/12) sore

LUMAJANG (global-news.co.id) – Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati, berharap ada bantuan alat yang lebih canggih untuk mendeteksi dini bencana gunung berapi, di daerah Gunung Semeru. Menurutnya jika alat tersebut sudah tersedia di pos pantau, maka saat akan terjadinya erupsi atau awan panas guguran (APG) bisa diketahui secara cepat.

“Kami akan berterimakasih, kalau di Pos Pantau Gunung Semeru ada alat-alat yang lebih canggih,” ungkap Wabup usai mendampingi Komisi VII DPR RI guna meninjau para pengungsi, di SMP Negeri 2 Pasirian, Selasa (14/12/21) sore.

Bunda Indah–sapaan akrab Wakil Bupati Lumajang–menambahkan, selain dapat mengetahui akan terjadinya bencana, fungsi yang paling penting dari alat itu, yakni tingkat keselamatan bagi masyarakat di sekitar Gunung Semeru apabila terjadi bencana.

“Gunung Semeru ini, termasuk gunung berapi yang aktif, apabila dilengkapi alat-alat yang lebih canggih masyarakat di kawasan Gunung Semeru akan merasa lebih nyaman dan aman,” tambahnya.

Bunda Indah juga menerima bantuan Peduli Semeru dari pihak Komisi VII DPR RI, yakni berupa Sembako dan perlengkapan untuk kebutuhan sehari-hari lainnya bagi warga terdampak bencana Erupsi Gunung Semeru.

“Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Lumajang mengucapkan terimakasih atas adanya perhatian dari Komisi VII DPR RI yang telah berkenan hadir dan memberikan bantuan,” ungkapnya.

Wakil Ketua Komisi VII DPR RI, Bambang Haryadi mengatakan, pihaknya akan berusaha memberikan alat pendeteksi dini bencana di setiap gunung berapi yang aktif dan memiliki potensi bencana yang tinggi.

“Kita berharap ke depan, Komisi VII bisa mendorong untuk lebih mengintensifkan atau meningkatkan di pos pantau gunung, yakni per 1 gunung aktif yang berpotensi bencana ada 1 alat canggih,” ujarnya. (kmf, uja)

baca juga :

Kontra Persib, The Guardian Ambisi Revans

Redaksi Global News

Sejumlah Produk Unggulan Jatim Dipamerkan di Dekranas Expo Medan

Jelang Piala Dunia U 20, Pemkot Surabaya Siapkan Akses Jalan dan Benahi GBT

Redaksi Global News