Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Utama

Enam Karya Terbaik AJP Teritori Jatimbalinus Melaju ke Tingkat Nasional

Kategori cetak, Juara 1 : Mochamad Salsabyl Adn (Jawa Pos Koran), dan
Juara 2 : Agung Kusdyanto (Majalah Global Energi),

SURABAYA (global-news.co.id) – Puncak acara Anugerah Jurnalistik Pertamina (AJP) tahun 2021 tingkat teritori Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur (Jatimbalinus) ditandai dengan penganugerahan kepada para pemenang terpilih yang dilaksanakan secara hybrid pada Selasa (14/12) malam di Novotel Samator, Surabaya.

Anugerah Jurnalistik Pertamina (AJP), merupakan program apresiasi kepada insan pers di seluruh Indonesia yang telah dilaksanakan sejak tahun 2004 yang awalnya dinamakan Pertamina Press Award (PPA). AJP tahun 2021 kali ini kembali hadir dengan tema “Energizing You” untuk memberikan apresiasi kepada insan pers di Indonesia yang telah berkontribusi penuh dedikasi, mengedukasi, dan menjadi jembatan informasi melalui produk jurnalistik.

Setelah melewati proses penyaringan dan penilaian karya para peserta dari Jatimbalinus, maka terpilih 16 jurnalis dan karya pemenang dari 6 kategori yang diperlombakan pada AJP tahun ini, dan yang menerima penghargaan pada acara tersebut di antaranya adalah:

Kategori Media Cetak

Juara 1 : Mochamad Salsabyl Adn (Jawa Pos Koran), “Menjadi Pengusaha Migas: Lahan Kecil Bisa Jadi Lumbung Ekonomi dan Sosial”
Juara 2 : Agung Kusdyanto  (Majalah Global Energi), “Kisah Petugas Pertashop, Uji Nyali hingga Ditinggal Lari Pembeli”

Kategori Media Online

Juara 1 : Ihya Ulumuddin  (iNews.id), “Pertashop, Ikhtiar Pertamina Dongkrak Ekonomi Masyarakat Desa”
Juara 2 : Haorrahman Dwi S (Surya.co.id), “Ambruk Diterpa Pandemi Setelah Raih Omzet Rp 4M Kini BUMDES di Banyuwangi Bangkit Berkat Pertashop.”
Juara 3 : Titis Tri Wahyanti (Globalnews), “PLTS Atap, Ubah Wajah SPBU Jadi Green Energy Station”.

Kategori Media Radio

Juara 1 : Benny Hermawan Satya Negara (LPP RRI Surabaya), “Asa Dibalik Jalan Tak Beraspal”
Juara 2 : Amir Fatah (Radio Perkasa FM Tulungagung), “Asa Nelayan Akses BBM Dengan Murah”
Juara 3 : Silvy Nur Sakinah (Elshinta Surabaya), “Green Energy Station Untuk Hijaunya Alam Indonesia”

Kategori Media Televisi

Juara 1 : Gancar Wicaksono (CNN Indonesia Biro Jawa Timur), “Menakar Efektivitas Digitalisasi SPBU”
Juara 2 : Saiful Akbar (Agropolitan TV), “Hasilkan Laba Bersih 9 Juta Perbulan dari Unti Pertashop”

Kategori Essay Foto

Juara 1 : Tulusno Budi Santoso (Beritajatim.com), “Sangkar Jagad Baca Potensi Lingkungan Hidupkan Ekonomi”
Juara 2 : Ali Masduki (Sindonews.com), “Pertamina Lakukan Uji Emisi Gas Guang Kendaraan Dengan BBM Berkualitas”
Juara 3 : Purna Budi Nugraha (Kabarbisnis.com), “Gabung Mitra Binaan Pertamina, Sambel DD Satoe Go Internasional”

Kategori CSR-UMKM Pertamina

Juara 1 : Moch Sahid (JTV), “Eco Edu Farming, Ustad Kampung Dapat 30 Juta Sambil Tetap Mengajar Ngaji”
Juara 2 : Aan Haryono (Sindonews.com), “Pawon Rabiáh Dan Impian Besar Bersama Ikan Asap”
Juara 3 : Achmad Syaiful Afandi (LKBN Antara), “Sinergitas Yang Membawa Pelaku UKM Di Malang Mendunia”

Area Manager Communication, Relations, & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus, Deden Mochammad Idhani, menyampaikan terima kasih kepada seluruh peserta yang telah berpartisipasi mengirimkan karya terbaiknya pada ajang AJP tahun ini.
“Setelah dilakukan proses penyaringan awal pada 100 karya peserta, terdapat 38 karya yang berhasil masuk dalam nominasi pemenang AJP 2021 teritori Jatimbalinus. Kemudian, dari 38 karya tersebut, kami juga telah melakukan penjurian secara teritori yang dilakukan pada 7 Desember 2021 lalu, bertempat di Hotel Harris Satelit dan melibatkan para dewan juri yang kompeten di bidang Media dan Komunikasi serta telah menetapkan para pemenang AJP 2021 untuk teritori Jatimbalinus, dan jumlah peserta AJP teritori Jatimbalinus tahun ini meningkat sebesar 20% dibandingkan penyelenggaraan AJP pada tahun 2020 lalu ’’ kata Deden dalam laporannya.

Dia menambahkan, teritori Jatimbalinus Pertamina bertindak sebagai koordinator sub-holding dan anak perusahaan yang berada di wilayah tersebut, di antaranya Pertamina Lubricant SR V, Pertamina Retail Region V, Pertagas East Java Area,  Pertamina EP Cepu, PEPC ADK, Pertamina EP Sukowati,  Pertamina Lubricant PUG Gresik,  Pertamina EP Poleng, PHE WMO dan Patra Jasa Bali.

“Kami sangat senang dan bangga karena program kami mendapat sambutan dan antusiasme yang sangat baik dari rekan-rekan jurnalis. Itu merupakan salah satu bentuk apresiasi dan pembinaan yang kami jalankan untuk terus meningkatkan kualitas karya mereka,” kata Deden.

Dalam sambutannya Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus, Deny Djukardi, turut menyampaikan apresiasinya kepada seluruh rekan-rekan media dan juga panitia penyelenggara atas pelaksanaan kegiatan AJP teritori Jatimbalinus tahun ini yang berjalan dengan baik. “Kami berharap rekan-rekan insan pers dapat terus menjadi mitra kami untuk mengawasi sekaligus memberitakan operasional Pertamina Patra Niaga di Jatimbalinus agar masyarakat memahami bahwa kedaulatan energi di seluruh pelosok negeri dijamin oleh Pemerintah melalui Pertamina.” ujar Deny

Ketua Tim Dewan Juri AJP Jatimbalinus, Lutfil Hakim, menuturkan dirinya bersama dua juri lainnya tidak mudah dalam menentukan pemenang di setiap kategori karena kualitas karya yang baik antara seluruh karya yang masuk.

“Secara umum karya jurnalistik peserta pada tahun ini rata-rata bagus dan secara keseluruhan mudah dipahami dan hal ini menunjukan bahwa peserta sudah memahami sektor-sektor yang ada di Pertamina Group secara korporasi dan juga dari aspek CSR. Berdasarkan hasil penilaian dan diskusi para Juri kami akhirnya bersepakat untuk memilih beberapa karya yang layak untuk menjadi juara pada AJP teritori Jatimbalinus tahun ini,” tutur Lutfil Hakim, yang merupakan Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur.

Lutfil Hakim juga meyakini para pemenang pertama tiap kategori yang akan bertanding di tingkat nasional tidak akan kalah bersaing dengan karya dari teritori lainnya dan berharap beberapa naskah perwakilan dari teritori Jatimbalinus ini dapat meraih gelar juara juga di tingkat nasional. (tis)

baca juga :

Pertamina Tegaskan Stok BBM Aman, Konsumen Tak Perlu Panik

Redaksi Global News

Keunggulan Layanan Dorong Pertumbuhan Transaksi dan Pengguna BNIDirect

KemenkopUKM Apresiasi Pelaksanaan Vaksinasi KSPPS BMT UGT Nusantara

Redaksi Global News