Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Pendidikan Utama

Mahasiswa PEM Akamigas Juara 2 Desain Rig hingga Wirausaha

BLORA (global-news.co.id) – Mahasiswa Politeknik Energi dan Mineral (PEM) Akamigas, kembali torehkan prestasi dalam ajang bergengsi. Adalah Petroleum Incorporated Fair 2021 yang bertemakan Turn Energy Industry to Smart Energy.

Tahun ini diselenggarakan oleh BPHMJTP Universitas Trisakti, Society Petroleum Engineers Trisakti Student Chapter (SPE Trisakti SC), and Ikatan Ahli Teknik Perminyakan Indonesia Seksi Mahasiswa Trisakti (IATMI SM Trisakti). Dilaksanakan secara online, belum lama ini.

Selain PEM Akamigas, yang mengikuti lomba ORD Oil Rig Design ini adalah, Tim dari UPN Veteran Jogjakarta, ITS, STT Migas Balikpapan, dan tuan rumah. Universitas Trisakti.

Adapun yang menjadi pemenang dalam ajang bergengsi itu, UPN Veteran Jogjakarta meraih juara 1,  juara 2 diraih oleh PEM Akamigas dan Juara 3 UPN Veteran Jogjakarta.

Dari PEM Akamigas mengusung team Leviathan Vyatra. Beranggotakan Fatahillah Mahfuzh Ridha (Inovator) sebagai ketua, Sabrina Adinda Dewayanti (calculator and 2nd presentator), Fairuz Athallah (designer), Hasnawati Marito (presentator), Gunawan Ardiansah (builder).

Menurut Ketua Team dari PEM Akamigas, Fatahillah, lomba kali ini sangat berkesan. Karena semuanya dilakukan secara online. Semua persiapan tim, mulai dari diskusi, perencanaan dan pengumpulan berkas dilakukan secara daring.

“Tentu tidak mudah. Tapi ini semua berkat semangat dari teman-teman, tim senior dan dosen yang senantiasa membimbing kami. Setelah belajar dari pengalaman lomba sebelumnya Alhamdulillah kami mendapatkan juara 2,” ungkapnya penuh bangga.

Selain itu, mahasiswa kampus naungan Kementerian ESDM juga ada yang memenangi kompetisi wirausaha. Yakni dalam ajang Entrepreneurship Workshop and Business Plan Competition (EWBPC) 2021. Ini adalah acara yang diselenggarakan oleh Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga.

Terdapat beberapa kegiatan dalam acara ini di antaranya adalah Business Plan Competition dan Workshop, serta Talk Show Kewirausahaan.

Adalah Adinda Anzalia Mey Rosa, salah seorang mahasiswa Program Studi Logistik Migas PEM Akamigas tingkat 2, berhasil meraih juara 3. Dia bersama tim mengusung produk dengan judul ToM.BOX (Tradisional Market Box).

Dia bersama Fadlo dari Poltekes Malang dan Amel dari Universitas Negeri Surabaya membentuk Tim Saya Alfa Tean. Lalu ikut berpartisipasi dalam kompetisi Business Plan yang dilaksanakan di bulan Agustus 2021 hingga September 2021.

“Kenapa ToM.BOX? Karena kita mengusung tema memajukan pasar tradisional yang tujuan utama kami ada tiga. Meningkatkan perekonomian pedagang kecil dan pasar tradisional, menyediakan fitur belanja pasar tradisional tapi berbasis online, membuka lowongan pekerjaan bagi driver,” ungkap Adinda.

Menurut dia, ini bukan lomba pertamanya.  “Tapi ini lomba ke-5 saya, lomba 1-4 esai dan paper dan ini lomba bussiness plan pertama saya dan alhamdulillah dapat juara 3,” kata Adinda. (rno)

baca juga :

El Clasico: Pilihan Madrid Menang atau Makin Tertinggal

Redaksi Global News

Rektor Unair Kukuhkan 6.875 Mahasiswa Baru Secara Online

Redaksi Global News

Wartawan Lulus UKW Makin Banyak, Harus Bisa Menjaga Marwah PWI

gas