Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Mataraman Utama

Dekranasda Kabupaten Blitar Siap Bantu UMKM Lakukan Ekspor

Pembuatan gula kelapa, salah satu UMKM di Kabupaten Blitar

BLITAR (global-news.co.id) – Produk-produk atau usaha rakyat patut diperhatikan. Sebab mereka sebenarnya memiliki potensi yang belum banyak terekspos.

Dalam kaitan itu  Kamis (23/9) lalu, Ketua Dekranasda Kabupaten Blitar, H Zaenal Arifin, bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan melakukan kunjungan ke tiga tempat produk UMKM (Usaha  Mikro Kecil dan Menengah).

Yang pertama UMKM gula kelapa di Desa Gledug, Sanankulon, dengan harapan gula kelapa bisa diekspor karena potensinya cukup menjanjikan. Menurut Zaenal Arifin, nantinya akan dikoordinasikan dengan dinas terkait dan dilakukan bimbingan teknis.

Kunjungan selanjutnya ke UMKM sambel pecel di Desa Jajar, Talun, dalam rangka membantu proses packaging dan izin. Ini penting agar mereka lebih eksis dan berdaya. Ketiga, pengrajin bambu untuk tusuk sate di Desa Tapak Rejo, Kesamben.

Dekranasda akan membantu dalam penjualan dan ekspor. “Selanjutnya akan diadakan pelatihan untuk UMKM, ini akan membantu UMKM untuk semangat kembali melakukan produksi dan penjualan dengan menggandeng Disperindag dan Diskopum untuk membantu UMKM,” tuturnya. (ita)

baca juga :

Resmi Jabat Pj Sekdaprov Jatim, Wahid Wahyudi Tancap Gas Sukseskan Program Gubernur Khofifah

gas

Soal Penonaktifan PBI-JK, Warga Surabaya Tak Perlu Cemas

Pemilu 2024: KPU Surabaya Mulai Sosialisasi Tahapan Kampanye

Redaksi Global News