Global-News.co.id
TNI

Pendampingan Petani, Satgas TMMD 111 Gresik Bantu Memanen Padi

Gresik –  Untuk membantu masyarakat dalam peningkatan ketahanan pangan nasional dan meningkatkan kualitas pangan, anggota Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa atau TMMD ke- 111 Kodim 0817/Gresik melakukan pendampingan dan membantu masyarakat saat melakukan panen raya tanaman padi di sawah.

Panen raya padi milik warga di Desa Siwalan, Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik, nampak anggota Satgas TMMD bahu-membahu membantu memanen padi mulai dari memotong tanaman hingga merontokkan butiran padi di sawah dengan alat perontok padi.

Komandan SSK Satgas TMMD Kodim 0817 Gresik, Kapten Inf Bambang Kusharyanto, mengatakan kepada wartawan saat ditemui dilokasi TMMD mengatakan bahwa, kegiatan pendampingan petani pada panen raya padi yang dilakukan anggota Satgas di area sawah milik masyarakat yang berdekatan dengan sasaran fisik lokasi TMMD merupakan upaya khusus dalam rangka menciptakan kedaulatan pangan.

“Kegiatan anggota Satgas membantu panen padi di sawah adalah wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat serta mendukung program pemerintah untuk meningkatkan ketahanan pangan sekaligus menciptakan kedaulatan pangan,” ujarnya, Selasa (6/7/2021).

Karena itu, sebagai anggota Satgas TMMD pihaknya merasa senang dapat membantu warga pada kegiatan non fisik seperti pada panen kali ini, dan tentunya sangat jarang mendapatkan suasana seperti ini.

“Membantu para petani saat panen tanaman padi ini dilakukan ketika tugas utama para Satgas TMMD ini sudah selesai. Dan mereka bersama sama membantu masyarakat,” tambah Kapten Inf Bambang Kusharyanto.

Para anggota Satgas sangat antusias dalam membantu panen dan merontokkan padi dengan alat tradisional, dan mereka juga mengusung dengan cara mengangkat gabah hasil panen ke tempat yang lebih kering untuk di bawa pulang ke pemilik sawah.

Sementara itu, Suwarno, salah seorang warga yang juga sedang memanen padi, mengaku sangat berterima kasih kepada anggota Satgas TMMD, karena dengan ikhlas membantu petani.

“Kami sangat berterima kasih kepada TNI yang telah membantu kami di sela-sela kesibukan tugas aktivitasnya melaksanakan kegiatan TMMD,” ujarnya.

Dia juga berharap apa yang sudah dilakukan di desanya melalui program TMMD akan banyak membantu masyarakat memudahkan dalam segala aktivitas kegiatan guna peningkatan ekonomi di masyarakat. *

 

baca juga :

TMMD 111 Gresik Latih Pemuda Siwalan Kreatif dan Inovatif

Titis Global News

Kinerja Satgas TMMD ke-111, Tumbuhkan Rasa Bangga Warga Desa Siwalan pada TNI

Titis Global News

TMMD Merupakan Pembangunan yang Mengacu kepada Kesederhanaan

Titis Global News