Global-News.co.id
TNI

Harapan Sukijan Pemilik Pohon Siwalan


Gresik,- Harapan Sukijan (53) dikatakan saat Satgas TMMD Regular Kodim Gresik berkunjung ke kebun siwalan miliknya. Dengan serius Serda Subakir mendengarkan cerita dan harapannya kepada Pemerintah Daerah terkait kondisi petani siwalan di Desa Siwalan, Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik saat ini, Jumat (2/7/2021).

Menurut Sukijan warga RT.01/02 ini, kondisi tanaman siwalan di wilayah Desa Siwalan saat ini mengalami penurunan karena banyak yang ditebang untuk pemukiman warga.

“Dulu pada tahun sembilan puluhan lebih banyak, sekarang ini tinggal sekitar 25 persen tersisa”, ujar Sukijan.

Hal ini rupanya belum menjadi perhatian Pemerintah Daerah. Padahal menurut beberapa catatan hasil olahan tanaman siwalan ini memiliki banyak khasiat. Kandungan air nira siwalan dapat membantu memperbaiki fungsi ginjal dan dapat digunakan sebagai isotonik memulihkan cairan tubuh. Bagian buah siwalan yang sudah tua bisa digunakan sebagai obat kulit atau dermatitis.

Menurutnya, sejauh ini belum ada fasilitas yang dapat membantu aktivitas petani siwalan. Atau upaya untuk memberikan bantuan berupa alat-alat yang dapat menunjang kegiatan panen, atau membuat gula dari air legen.

baca juga :

Satgas TMMD Bantu Warga Betulkan Saluran Air Bersih

gas

Inilah Sasaran Fisik Program TMMD

Keinginan masyarakat terwadai di TMMD ke-111 Kodim Gresik.

gas