Global-News.co.id
TNI

Bambu Petung Melimpah di Desa Siwalan

Gresik – Bambu jenis Petung masih dijumpai di Desa Siwalan, Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik. Pertumbuhan dari bambu ini dapat mencapai diameter 20 centimeter dan panjang 25 meter. Biasanya digunakan untuk tiang atau penyangga bangunan, bahan industri pulp dan kertas, kayu lapis, bangunan, mebel, anyaman, peralatan pertanian, dan peternakan.

Terlihat bambu petung yang akan digunakan untuk membuat gubuk di area sawah milik Bapak Tamoro. Pemandangan itu yang menarik perhatian Serda Sukarji anggota Satgas TMMD Reguler ke-111 Kodim Gresik untuk mengorek informasi dari Tamoro tentang keberadaan bambu petung di Desa Siwalan ini, Selasa (6/7/2021).

Sementara itu saat ditanya oleh Serda Sukarji, Tamoro pun menjelaskan bahwa di Desa Siwalan ini masih kaya akan tumbuhan bambu. Warga tidak akan kekurangan kebutuhan bambu untuk keperluan pembangunan rumah, gubuk, atau keperluan lainnya.

“Untuk jenis bambu petung ini populasinya sudah mulai berkurang, pasalnya lahan tempat tumbuh bambu tersebut sudah dijadikan pemukiman atau dibangun rumah. Tapi Alhamdulillah bapak saya masih ada di kebunnya, bukan untuk dijual, tapi digunakan untuk kebutuhan sendiri,” ujar Tamoro.

Dia berencana membuat gubuk di sawah, dan tinggal memotong-motong sesuai kebutuhan.  “Kebetulan saat ini masih ada beberapa batang pohon bambu yang siap potong,” pungkasnya. *

baca juga :

Bekerja Dengan Tanggung Jawab dalam TMMD Merupakan Pekerjaan Mulia

gas

Bergotong Royong bersama Warga, Satgas TMMD ke-111 Bersihkan Pekarangan Rumah

gas

Menhan Prabowo Serahkan 53 Rumah kepada Ahli Waris Awak KRI Nanggala-402

Redaksi Global News